Pemkab Sijunjung Terima Penghargaan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat Patut Diapresiasi -->

IKLAN-UT-TAYANG-16-NOVEMBER-2020

iklan halaman depan

Pemkab Sijunjung Terima Penghargaan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat Patut Diapresiasi

Selasa, 17 November 2020

Riky Mainaldi.M.Si


Sijunjung, fajarsumbar.comPenghargaan sanitasi total berbasis masyarakat (STBM) award tahun 2020 yang baru saja di sabet Pemerintah Kabupaten Sijunjung patut diapresiasi.


Karena ada dua nagari yang meraih penghargaan tersebut seperti Nagari Guguk dan Nagari Aia Angek yang telah melakukan lima pilar STBM. Stop buang air besar sembarangan, cuci tangan pakai sabun, pengolahan makanan dan minuman rumah tangga, pengamanan sampah rumah tangga dan pengelolaan limbah cair rumah tangga.


Penghargaan yang diterima itu menurut wali Nagari Aia Angek Asrial kepada fajarsumbar.com tidak terlepas dari dorongan Dinas Perkim dan LH Kabupaten Sijunjung pada tahun 2019 yang merupakan program dari Dinas Perkim dan LH Sijunjung untuk membudayakan hidup sehat berbasis lingkungan yang asri dan sehat.


Bentuk septic tank yang di bangun oleh Dinas Perkim dan LH Kabupaten Sijunjung.


Sementara itu Kabid PAM dan PLP Oriza Latifa Zainaldi, kepada fajarsumbar.com Selasa (17/11/2020) mengatakan, Dinas Perkim dan LH Sijunjung membenarkan terkait program tersebut, karena memang sesuai dengan tugas dan fungsi Dinas Perkim dan LH untuk menciptakan lingkungan yang sehat dan bersih.


Berkat koordinasi yang baik ke pusat dilakukan Kepala Dinas Perkim dan LH, mendapatkan bantuan dana dari bank ISDB yang merupakan Bank Dunia Rp2,5 miliar untuk membangun enam septic tank, khusus untuk Nagari Aia Angek ada tiga septic tank yang di bangun dari enam septic tank, tiganya lagi dibangun di Nagari Solok Amba dua dan di Nagari Silukah satu.


Septic tank yang sudah siap dibangun


Untuk satu septic tank bisa menampung lima puluh toilet warga yang ada di sekitar septic tank tersebut.  Khusus untuk Nagari Aia Angek dengan tiga septic tank masyarakat sudah mempunyai 150 jamban. "Alhamdulillah program ini sudah diresmikan bupati Sijunjung baru-baru ini," jelas Oriza. (def)