Penggerak Seni Marantang Curito Selenggarakan Pertunjukan Daring -->

IKLAN-UT-TAYANG-16-NOVEMBER-2020

iklan halaman depan

Penggerak Seni Marantang Curito Selenggarakan Pertunjukan Daring

Jumat, 20 November 2020

Penggerak seni marantang curito selenggarakan pertunjukan daring tradisi lisan Minangkabau salawat dulang yang disiarkan secara lansung live streaming di beberapa akun media sosial. 

 

Padang, fajarsumbar.com - Mengatasi pandemi covid-19, penggerak Seni Marantang Curito selenggarakan pertunjukan daring tradisi lisan Minangkabau yakni salawat dulang yang disiarkan secara lansung live streaming di beberapa akun media sosial. 

Ketua Pengusung program, Eka Megalia. M.Hum saat diwawancarai via telepon selularnya, Kamis (19/11/2020) menyebutkan kegiatan ini terselenggara untuk mengatasi pandemi Covid-19. 


Karena hingga saat ini masih banyak pekerja seni yang tidak berkegiatan disebabkan pandemi yang selalu menghimpun banyak orang. Jika ini tetap dilakukan tentu akan melanggar protokol kesehatan.


Ia menyebutkan melalui media daring ini masih ada para penggiat seni sebagian memiliki pandangan membutuhkan biaya, sehingga kegiatan yang mestinya bisa dinikmati masyarakat juga terhambat akibat pemikiran itu. 


Padahal, platform di media sosial begitu banyak yang menyediakan ruang berkarya bagi pecinta seni. Jika ini bisa dilakukan tentu masyarakat bisa mengakses melalui medsos Tampa harus datang dilokasi pertunjukan.


Kegiatan pertunjukan tradisi lisan Minangkabau berjudul Marantang Curito masyarakat bisa mengakses kegiatan seni ini di media sosial baik YouTube, IG. Untuk kegiatan pertunjukan dilakukan di Fakultas Ilmu Budaya Universitas Andalas. 


Eka Megalia berharap agar masyarakat Sumatera Barat khususnya pecisnta seni bisa memanfaatkan medsos dengan mengakses kegiatan ini. Tidak saja kegiatan kelucuan saja, namun kegiatan para seniman tentu memiliki maha karya sendiri bagi masyarakat yang mencintai karya anak bangsa sendiri seperti karya seni asli milik MinangKabau yang mesti diketahui generasi milenial. (Heri)