Presiden Joko Widodo Pastikan Buka MTQ Tingkat Nasional di Sumbar Nanti Malam -->

IKLAN-UT-TAYANG-16-NOVEMBER-2020

iklan halaman depan

Presiden Joko Widodo Pastikan Buka MTQ Tingkat Nasional di Sumbar Nanti Malam

Sabtu, 14 November 2020

Joko Widodo. (antaranews)

Padang, fajarsumbar.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dipastikan membuka Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Tingkat Nasional XXVIII di Stadion Sikabu, Kabupaten Padang Pariaman, Sabtu (14/11/2020) malam ini.


MTQ itu dilangsungkan di Kabupaten Padang Pariaman dan Kota Padang mulai sejak Kamis (12/11) dan berakhir Sabtu (21/11). "Presiden akan membuka secara virtual. Yang hadir secara langsung adalah Menteri Agama Fachrul Razi," kata Gubernur Sumbar Irwan Prayitno, Jumat (13/11/2020).


Irwan menyebut walau dilangsungkan di masa pandemi, penyelenggaraan MTQ sudah dirancang dengan protokol kesehatan yang ketat supaya MTQ tidak menjadi klaster baru penularan Covid-19. 


Meski dilangsungkan di tengah pandemi Covid-19, pelaksanaan MTQN ke-28 dipenuhi optimisme seluruh peserta, panitera, dewan hakim, dan masyarakat dengan tetap menjaga protokol kesehata
n. Disediakan hand sanitizer, fasilitas cuci tangan, dan jaga jarak di seluruh arena MTQN, baik saat pendaftaran, malam ta'aruf, pembukaan, pelantikan dewan hakim hingga saat perlombaan.


"Kita lakukan protokol kesehatan secara ketat, setiap kafilah yang datang tetap kita lakukan pemeriksaan yang mengacu pada protokol Covid-19, seperti pemeriksaan swab test. Semua ini kita lakukan untuk antisipasi agar virus corona tidak menyebar di Sumbar," ujar Irwan sebagaimana dikutip repubika.co.id.


Sejak kemarin, tahapan MTQ sudah mulai berlangsung. Pada MTQN ke-28 di Sumbar ini, sebanyak 1.476 peserta siap mengikuti 8 cabang musabaqah. Dua peserta menyatakan diri tidak mengikuti yakni Yogyakarta dan NTT, dikarenakan pengalihan anggaran untuk penanganan Covid-19.


MTQ Nasional ke 28 ini diikuti 1.476 peserta dari 32 provinsi. Sampai Jumat (13/11) sore, sudah 29 kontingen mendarat di Kota Padang dan melakukan registrasi. 


Panitia berharap ke-32 kontingen sudah berada di Sumbar hari ini karena MTQ akan resmi dibuka oleh Presiden Joko Widodo secara virtual dan Menteri Agama Fachrul Razi secara langsung pada Sabtu (14/11). 


Upacara pembukaan MTQ akan diadakan di Stadion Nagari Sikabu, Padang Pariaman. Sedangkan untuk penutupan di Masjid Raya Sumatera Barat.


Direktur Jenderal Bimas Islam  Kamaruddin Amin mengajak seluruh umat islam agar merawat MTQ ke 28 ini yang diselenggarakan di masa pandemi. Menurut dia MTQ merupakan sebuah peristiwa monumental yang sudah menjadi sejarah di Indonesia.


Bagi Sumatera Barat,MTQ Nasional ke-28 ini merupakan kali kedua menjadi tuan rumah. Sebelumnya Sumbar menjadi tuan rumah 37 tahun lalu di MTQ Nasional ke-13. Saat itu Sumbar keluar sebagai juara umum.(hms-pemprov/ab)