PWI Agam Adakan Pelatihan Menulis untuk Wartawan -->

IKLAN-UT-TAYANG-16-NOVEMBER-2020

iklan halaman depan

PWI Agam Adakan Pelatihan Menulis untuk Wartawan

Sabtu, 14 November 2020
Pengurus dan Anggota PWI Agam lakukan diskusi membahas hasil tulisan dari masing masing anggota, mengoreksi dan memperbaiki sebelum dianggap layak untuk naik jadi berita.


Lubuk Basung, fajarsumbar.com -  Persatuan Wartawan Indonesia Kabupaten ( PWI) Kabupaten Agam menggelar pelatihan menulis berita di kantor PWI Lubuk Basung Sabtu (14/11).


Pelatihan itu dalam rangka menambah dan mengembangkan potensi wartawan untuk meningkatkan kemampuan anggotanya nenulis.

  

Kegiatan ini diikuti 10 wartawan dari berbagi media yang tergabung di PWI Agam. Kegiatan pelatihan ini mewajibkan setiap peserta menulis lead berita, 


Setelah selesai lalu dikirim ke WA group untuk didiskusikan. Untuk mengoreksi apakan tulisan ini layak untuk dinaikan. Setelah dianggap layak baru dikirim ke media masing - masingnya.

 

Ketua PWI Agam, Mursyidi mengatakan, kegiatan pelatihan ini rencananya akan rutin dilaksanakan dengan tujuan untuk mengasah dan menambah wawasan  para insan pers yang tergabung di bawah PWI Agam, agar ke depan bertambah baik  dalam menyajikan informasi ke masyarakat.


 Ia menambahkan, ke depannya agar anggota PWI yang tidak bisa ikut pada hari ini, kegiatan berikutnya bisabergabung bersama sama.


Untuk memperkaya materi, pengurus PWI Agam  menghadirkan  M.Khudri salah seorang pengurus PWI Sumatra Barat.


Dalam penyampaianya, M.Khudri menekankan perlu memperhatikan 5 W  + 1H. yaitu, apa, siapa, mengapa, dimana, kapan dan bagaimana.


Dalam penulisan berita agar selalu memperhatikan lima W satu H. Serta kode etik jurnalis, dalam penyampaian informasi tidak berbelit sehingga mudah dipahami oleh pembaca. (Yanto)