Senin Ini Kota Pariaman Mulai Terapkan Belajar Tatap Muka -->

IKLAN-UT-TAYANG-16-NOVEMBER-2020

iklan halaman depan

Senin Ini Kota Pariaman Mulai Terapkan Belajar Tatap Muka

Senin, 16 November 2020

Kanderi


Kota Pariaman, fajarsumbar.com - Pemerintah Kota Pariaman memberlakukan pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) ke semua jenjang Satuan Pendidikan baik yang dibawah pengelolaan dan pengawasan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) maupun dibawah naungan Kementerian Agama Kota Pariaman, Senin (16/11/2020) ini. 


Untuk pelaksanaan PTM itu tertuang dalam Intruksi Wali Kota Pariaman No.420/1354/Dikpora-2020 tentang Pelaksanaan PTM masa Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) tahun pelajaran 2020/2021.


Pemberlakuan PTM pada masa AKB Covid-19 dengan alasan indikator kesehatan masyarakat Kota Pariaman masuk zona resiko rendah atau zona kuning, sebagaimana tercantum dalam Instruksi Wako Pariaman tertanggal 16 November 2020 itu.


Intruksi yang ditujukan ke semua Kepala Satuan Pendidikan, tulis Plt Wako Pariaman Mardison Mahyuddin itu melaksanakan PTM dimulai Senin 16 November 2020. Sedangkan teknis pelaksanaan PTM diatur dan disesuaikan oleh Satuan Pendidikan masing-masing, SD/MI, SMP/MTsN, SMA/SMK/MA.


Kemudian, para siswa mendapat izin dari orang tua atau wali murid yang dibuktikan dengan surat pernyataan kesediaan memberi izin mengikuti PTM. Juga tetap memperhatikan standar protokol kesehatan Covid-19 secara ketat. 


"Bila ada peserta didik, pendidik maupun tenaga kependidikan dinyatakan positif Covid-19, maka Satuan Pendidikan yang bersangkutan menutup sekolah sampai dinyatakan dapat dilaksanakan PTM kembali oleh Tim Gugus Covid-19 Kota Pariaman," tulis Plt Wako Mardison.


Ia menyatakan agar ketuntasan pembelajaran siswa lebih maksimal, Pemko Pariaman menyediakan website pembelajaran Kegiatan Belajar Aman dari Rumah (Kejar Amanah) pada link kejaramanah pariamankota.go.id yang dapat melengkapi materi pembelajaran maupun tugas dari satuan pendidikan. 


Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kota Pariaman, Kanderi yang dihubungi fajarsumbar.com, Senin siang (16/11/20) membenarkan adanya turunan Surat Instruksi Walikota Pariaman kepada kepala sekolah itu. 


Ia mengakui PTM tertera dimulai Senin (16/11/20) ini, namun pelaksanaan optimal Selasa (17/11/20). "Itupun kita akan menurunkan tim monitoring ke sekolah melihat dan mengamati kondisi awal PTM dalam masa AKB.


Kanderi berharap agar ke semua sekolah mempergunakan waktu dengan sebaik-baiknya untuk memberikan materi kepada Siswa. "Pelaksanaan PAS dan pengisian rapor akan dilakukan bulan Desember depan. Tentu kita berpacu dengan waktu untuk memenuhi materi pembelajaran," tegasnya. 


Kesemua komponen yang ada di sekolah,  tegas dia, harus saling mendukung. Apalagi siswa kelas VI SD/MI, siswa kelas III SMP/MTsN, SMA/SMK/MA akan menempuh assessment, dan bukan lagi berbentuk US maupun UN. 


"Para orang tua/wali siswa agar mendukung dan memback up kegiatan PTM Siswa pada masa AKB Covid-19 maupun menghadapi Assesmen tahun 2021 nanti" harap Kadis Dikpora Kanderi itu. (saco)