Universitas Terbuka Jadi Solusi Calon Mahasiswa di Tengah Pandemi Covid-19 -->

IKLAN-UT-TAYANG-16-NOVEMBER-2020

iklan halaman depan

Universitas Terbuka Jadi Solusi Calon Mahasiswa di Tengah Pandemi Covid-19

Rabu, 11 November 2020
Dra. Hj. Yusrafiddin, M.Pd

Padang, fajarsumbar.com - Di tengah pandemi Covid-19 terus menanjak, Universitas Terbuka (UT) bisa salah satu solusi calon mahasiswa baru untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi. Sebab universitas tersebut telah melakukan pendidikan daring, sebelum perguruan tinggi lagi melaksanakan.


Hal itu diakui Kepala Unit Program Belajar Jarak Jauh Universitas Terbuka (UPBJJ-UT) Kota Padang Dra. Hj. Yusrafiddin, M.Pd kepada fajarsumbar.com di kantornya, Selasa (10/11/2020). "UT memberi kesempatan kepada warga untuk melanjutkan kuliah di perguruan tinggi negeri tanpa batasan usia," ujarnya.


Diakui di tengah pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia saat ini, bahkan lebih 200 negara di dunia juga merasakan dampaknya, maka pilihan terbaik bagi mahasiswa baru adalah kuliah di UT. Sebab perguruan tinggi negeri tersebut telah dan sangat berpengalaman dalam melaksanakan kuliah daring alias tanpa harus tatap muka.


UT memberikan kesempatan kepada calon mahasiswa yang sibuk kerja, mereka masih dapat menimba ilmu, meskipun sibuk dengan aktivitas seharian. "Para artis, pejabat dan pengusaha, banyak menjatuhkan pilihan kuliah di UT ini, sebab kuliah jalan, pekerjaannya tidak terganggu," timpal Yusrafiddin lagi.


Menurutnya, alasan UT bisa menjadi pilihan di tengah Covid-19 tersebut, sebab selain kuliah tidak harus datang ke kampus, UT telah memiliki fasilitas untuk daring tersebut. "Perguruan tinggi ini diset untuk kuliah tanpa harus tatap muka, dengan berbagai fasilitas yang sangat mendukung dan tidak merepotkan mahasiswa dan dosen didukung aplikasi canggih," tambahnya.


Di sisi lain, ia menyebutkan UT banyak diminati mahasiswa. Selain biaya kuliahnya murah, perguruan tinggi negeri tersebut memiliki kualitas yang tidak kalah bagusnya dari PT Negeri lainnya se-Indonesia.


"UT juga bakal menerapkan inovasi belajarnya hanya menggunakan hand phone, sesuai dengan perkembangan tekhnologi. Hal ini lebih memudahkan mahasiswa belajar, meskipun dimana mereka berada," tambahnya.


UPBJJ-UT menerapkan sistem belajar jarak jauh dan terbuka. Istilah jarak jauh berarti pembelajaran tidak dilakukan secara tatap muka, melainkan menggunakan media, baik media cetak (modul) dan webinar atau daring.


Registrasi calon mahasiswa melalui aplikasi sia.ut.ac.id


Pada kesempatan itu, Yusrafiddin menyebutkan UT UPBJJ-UT Kota Padang meregistrasi mahasiswa baru melalui aplikasi sia.ut.ac.id. Calon mahasiswa baru bisa membuka aplikasi tersebut untuk mengisi data-datanya yang telah mengajukan pendaftaran. 


Syaratnya sangat mudah, salah satunya hanya mengupload ijazah terakhir. "Calon mahasiswa bisa membuka aplikasi sia.ut.ac.id itu kemudian mengisi data-data yang diperlukan, salah satunya mengupload ijazah terakhir," tambahnya.


Untuk calon mahasiswa baru, tambahnya UT tidak membatasi usia dan kuota, berapa pun mahasiswa yang mendaftar bakal ditampung asal memenuhi persyaratan. Dalam setahun UPBJJ-UT Kota Padang membuka pendaftaran dua kali dalam setahun.


Untuk tahun akademik 2020/2021 UT telah buka pendaftaran pada dari Januari s/d Juni dan belajar mulai awal Juli dan buka lagi pendaftaran pada Agustus s/d Januari dan mulai kuliah pada awal Maret 2021.


Saat registrasi mahasiswa baru disiapkan modul mahasiswa untuk bantuan belajar tutorial, tatap muka dan online. "Kami telah menyiapkan modul belajar, mahasiswa," ujarnya.(andri/roni.dz)