Upaya Pemprov Sumbar Menggaet Kunjungan Wisatawan Perlahan Menampakan Hasil -->

IKLAN-UT-TAYANG-16-NOVEMBER-2020

iklan halaman depan

Upaya Pemprov Sumbar Menggaet Kunjungan Wisatawan Perlahan Menampakan Hasil

Selasa, 03 November 2020
Wisatawan saat berkunjung ke Pantai Air Manis.


Padang, fajarsumbar.com - Upaya Pemerintah Provinsi Sumbar untuk menggaet kunjungan wisatawan ke Ranah Minang secara perlahan mulai menampakan hasil. Sektor pariwisata di Sumbar bisa menjadi sumber ekonomi baru bila dikelola dengan profesional.


Sebagaimana diketahui berdasarkan catatan Dinas Pariwisata Sumbar, jumlah kunjungan wisatawan ke Sumbar pada 2019 diperkirakan mencapai 8,1 juta orang. Angka ini melebihi dari target 8 juta orang. Dari 8,1 juta orang tersebut terdiri atas 8.073.070 wisatawan nusantara dan 57.638 wisatawan mancanegara atau wisman.


Dilanjutkan, agar bisa menjadikan pariwisata sebagai sumber ekonomi baru, dibutuhkan sejumlah upaya. Salah satunya terus meningkatkan dan mengoptimalkan daya tarik objek wisata. Juga, mematangkan rencana pengembangan pariwisata agar jelas seperti apa target yang hendak dicapai.


Dari 10 kabupaten dan kota di wilayahbya yang mengembangkan pariwisata selama ini belum ada keterkaitan satu sama lain serta perencanaan yang matang. 


Pemprov juga terus melakukan pembenahan pada sejumlah objek wisata yang ada di daerah itu. Saat ini yang fokus dibenahi adalah tempat wisata untuk dilengkapi infrastruktur dan sarana penunjang lainnya.


Berbicara soal destinasi, Sumbar memiliki paket lengkap. Mulai dari pantai, laut, pulau, danau, bukit, lembah, pegunungan, kuliner hingga kekayaan adat istiadat. Keindahan alam bumi Ranah Minang nan elok bukan gembar-gembor semata.


Mengacu pada penelitian Pusat Kajian Sosial Budaya dan Ekonomi (PKSBE) Universitas Negeri Padang, ternyata sebagian besar wisatawan yang berkunjung mengakui daerah ini memiliki daya tarik berupa alam yang indah.


Untuk wisata bahari, Sumbar memiliki Pantai Padang dengan pesona matahari terbenam. Ada juga Pantai Air Manis yang dikenal lewat legenda si Malin Kundang anak durhaka.(hms-pemprov/ab)