Akhir Tahun 2020 Bagian Humas Pemkab Solsel Gelar Pelatihan Jurnalistik di Bukittinggi -->

IKLAN ATAS

iklan FEED halaman depan

Akhir Tahun 2020 Bagian Humas Pemkab Solsel Gelar Pelatihan Jurnalistik di Bukittinggi

Kamis, 17 Desember 2020
 Kabag Humas Pemkab Solsel Firdaus Firman saat membuka acara.


Solsel, fajarsumbar.com - Kabag Humas Pemkab Solok Selatan, Firdaus Firman, menuturkan permintaan maaf bila ada salah dan janggal selama empat tahun menjalin kerja sama publikasi dengan media cetak, online, dan elektronik. 


Tentu saja dalam komunikasi dan perbuatan tidak lepas dari kilaf dan salah. Mohon di maafkan rekan-rekan," ungkap Firdaus Firman dengan berlinang air mata kepada puluhan Wartawan Solok Selatan saat kegiatan Jurnalistik di Hotel Kharisma, Bukittinggi, (14-16 Desember 2020). 


Dia menjelaskan, bahwa diera zaman now ini, perlu adanya peningkatan kapasitas wartawan di Solok Selatan dengan peningkatan kualitas informasi yang dihasilkan. 


Pelatihan Jurnalistik oleh Humas Pemkab Solsel dengan narasumber Rifa Yanas Redaktur Tagar.id


Hal ini sudah dilakukannya selama empat tahun mengabdi di Solok Selatan, termasuk pelatihan jurnalistik, sharing informasi yang digelar di Bukittinggi, 14-16 Desember 2020 dengan nara sumber Redaktur Tagar ID, Rifa Yanas, Tanti Endang Lestari Devisi dari Kelembagaan Komisi Informasi Sumbar dan foto graper terkenal Erison J Kambari.


Menurut Firdaus Firman, pewarta tidak hanya mengacu pada kode etik jurnalis, akan tetapi lebih kepada dedikasi yang baik dalam menyikapi era serba digital. 


Wartawan harus menempatkan diri dengan perubahan siklus zaman setiap tahunnya dan ini mesti harus dilakukan agar wartawan daerah tidak tertingal dalam aspek kejurnalisan. 


Salah seorang peserta pelatihan saat tanya jawab.


Dia menambakan, sebab itu pewarta perlu dibekali ilmu agar pemberitaan berbanding lurus dengan kenyataan. 


Artinya lebih memahami kode etik jurnalis, terutama wartawan yang baru berkecimpung di media. Sebab kode etik adalah dasar patokan wartawan dalam melaksanakan tugasnya dilapangan. 


"Bagaimana menyempurnakan ilmu yang ada dengan dedikasi jurnalis setiap tahunnya, serta dalam mempererat hubungan kerjasama dengan media dan wartawan daerah," sebut pria yang akrab disapa ajo itu. 


Kabag Humas Firdaus Firman bersama senior fotogfar Sumbar Erison J Kambari.


Firdaus menyebutkan, bahwa di tahun depan tugas dan fungsi Humas sudah diserahkan kepada Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Solok Selatan. 


Jadi, kerjasama informasi dan publikasi tidak lagi ditangani lagi sepenuhnya oleh humas dengan adanya perubahan Struktur organisasi dab Tata Kerja (SOTK) di Pemkab Solok Selatan. 


Sebelumnya Bagian Humas kata Firdaus, berdiri sendiri, namun akan disesuaikan menjadi Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan. 


"Maka rekan-rekan akan lebih banyak berkomunikasi dengan Kominfo, sementara humas hanya bisa merilis kegiatan pimpinan saja," paparnya. 


Ketua PWI Solok Selatan, Hendrivon menuturkan, terima kasih atas kerjasama Humas dan rekan-rekan pers. 


Foto bersama usai pelatihan jurnalistik dengan narasumber Devisi Kelembagaan komisi Informasi  Sumbar Tanti Endang Lestari.


Sudah banyak yang dilalui, termasuk suka dan duka dalam kegiatan dilapangan. Pergaulan selama empat tahun melalui kerjasama informasi publikasi, namun akan dijadikan kenangan di tahun depan. 


"Mudahan saja Kabag Humas lebih baik lagi dan lebih sukses lagi di jabatan terbaru di tahun depan," harapnya. (Abg)