Angka Kemiskinan Turun Drastis -->

IKLAN ATAS

iklan FEED halaman depan

Angka Kemiskinan Turun Drastis

Rabu, 02 Desember 2020
ilustrasi


Padang, fajarsumbar.com - Angka kemiskinan di Sumatera Barat (Sumbar) turun drastis. Hal itu tidak lepas dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) melaksanakan berbagai program utama dalam rangka percepatan penurunan angka kemiskinan.


Prioritas program-program percepatan pengurangan tingkat kemiskinan ini diarahkan untuk menurunkan jumlah penduduk yang menganggur dan miskin secara intensif.


"Melalui pelaksanaan program utama percepatan penurunan tingkat kemiskinan tersebut diharapkan dapat terwujud lima tujuan yang hendak dicapai selama 2020," ujar Gubernur Sumbar Irwan Prayitno, Rabu (2/12/2020).


Menurut gubernur, tujuan itu masing-masing, penurunan jumlah penduduk yang menganggur, penurunan jumlah penduduk miskin secara lebih tajam dan perluasan lapangan kerja.


Lalu, meningkatkan ketersediaan lembaga penanggulangan kemiskinan dan meningkatkan akses serta produktivitas usaha mikro.


Sedangkan program utama percepatan penurunan tingkat kemiskinan yang dilaksanakan antara lain, program gerakan terpadu mensejahteraan fakir miskin dan program pengendalian terpadu penanganan kemiskinan.


Program berikutnya, peningkatan kesempatan kerja dan diversifikasi usaha, pemberdayaan kelembagaan kesejahteraan sosial, pelayanan dan rehabilitasi kesejahteraan sosial, tambahnya.


Selanjutnya, program produktivitas tenaga kerja, peningkatan kesempatan kerja dan diversifikasi usaha, perlindungan pengembangan lembaga ketenagakerjaan, serta program perlindungan tenaga kerja dan sistem pengawasan tenaga kerja. (hms-pemprov/ab)