AS Mulai Distribusi Vaksin -->

IKLAN ATAS

iklan FEED halaman depan

AS Mulai Distribusi Vaksin

Minggu, 20 Desember 2020

ilustrasi


Jakarta, fajarsumbar.com - Amerika Serikat (AS) tengah siapkan distribusi jutaan dosis pertama vaksin Covid-19 Moderna.


Hal ini disampaikan seorang pejabat tinggi AS, Sabtu (19/12/2020), beberapa jam setelah negara itu mengeluarkan izin penggunaan vaksin. AS merupakans salah satu negara yang paling terimbas Covid-19 di dunia.


"Distribusi vaksin Moderna sudah dimulai," kata Jenderal Gus Perna yang mengawasi operasi logistik besar-besaran sebagai bagian dari Operasi Warp Speed pemerintah sebagaimana dikutip pada cnnindonesia.com.


Badan Pengawas Obat dan Makanan AS (FDA) mengumumkan Jumat malam bahwa mereka telah memberikan persetujuan darurat untuk vaksin, seminggu setelah melakukan hal yang sama dengan vaksin dari Pfizer dan BioNTech.


Pada hari Sabtu, dosis pertama dipindahkan dari pusat manufaktur di Bloomington, Indiana, ke gudang yang dioperasikan oleh perusahaan logistik McKesson dalam persiapan pengiriman pada hari Minggu.


"Kotak-kotak sedang dikemas dan dimuat hari ini. Truk akan mulai diluncurkan besok dari FedEx dan UPS," kata jenderal pada konferensi pers.


Vaksin Pfizer harus disimpan pada suhu -70 derajat Celcius, suhu yang jauh lebih rendah dari kulkas standar. Sehingga, hal ini memaksa perusahaan untuk mengembangkan wadah khusus untuk pengangkutan.


Tetapi vaksin Moderna dapat disimpan pada -20 derajat Celcius, sehingga memudahkan penyediaan tempat penyimpanan vaksin.


Perna mengatakan syarat penyimpanan vaksin Moderna yang lebih ringan memungkinkan distribusi vaksin ke wilayah yang sulit di jangkau di pedesaan yang lebih kecil dan lebih banyak.


Menurutnya, sejak FDA memberikan otorisasi darurat vaksin Pfizer/ BioNTech satu minggu lalu, sekitar 2,9 juta dosis telah disebar di AS.


Pemerintah AS pun berharap bisa mengirimkan 20 juta dosis vaksin hingga akhir tahun ini. Namun, target itu baru bisa dicapai pada minggu pertama Januari. (*)