Bantuan Peralatan Usaha untuk Pulihkan Ekonomi di Masa Pendemi -->

IKLAN ATAS

iklan FEED halaman depan

Bantuan Peralatan Usaha untuk Pulihkan Ekonomi di Masa Pendemi

Rabu, 30 Desember 2020

Penerima bantuan foto bersama


Padang Panjang, fajarsumbar.com - Setelah menyalurkan Bansos tahap 5 dan permodalan UMKM, Pemko Padang Panjang  mengucurkan bantuan pemulihan ekonomi di masa pandemi berupa peralatan untuk pelaku usaha.


Bantuan diserahkan walikota Fadly Amran didampingi Wakil Walikota, Drs. Asrul di halaman balaikota, Rabu (30/12).


Walikota Fadly menyampaikan, yang diserahkan ini adalah bentuk stimulus agar  seluruh pelaku usaha dapat bangkit dan maju.  


"Bantuan ini untuk mendorong bapak dan ibu semuanya bangkit. Dengan memanfaatkan bantuan ini semaksimal mungkin, semoga dapat mengembangkan usaha, meningkatkan omzet, memiliki karyawan, dan memulihkan ekonomi di masa pandemi," katanya.


Bantuan peralatan ini disalurkan dari Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM (Perdakop UKM), Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP), serta Dinas Pangan dan Pertanian (DPP).


Untuk pelaku usaha perdagangan, Kadis Perdakop UKM, Arpan, S.H, mengatakan, sebagai bentuk apresiasi Kementerian Perdagangan (Kemendag) kepada Kotq Padang Panjang, diberikan bantuan gerobak 49 unit, etalase 50 unit dan rombong motor 10 unit.


“Kemendag memandang Pemko peduli terhadap UMKM. Di samping itu, beberapa bulan lalu walikota menjadi narasumber di Nasional Tembang Indah dan mendapatkan penghargaan dari Dirjen atas kepedulian terhadap Metrologi. Sehingga usulan dari Disperdakop UKM yang hanya gerobak dan etalase, tetapi Kemendag memberikan reward rombong motor untuk Padang Panjang. 


Selain itu, melihat Pasar Pusat Padang Panjang yang mulai maju, Dinas Perindag Sumbar memberikan 5 unit wastafel,” kata Arpan.


Sedangkan untuk sarana usaha, DPMPTSP bekerja sama dengan dengan Kementerian Tenaga Kerja (Kemenaker) mendapatkan bantuan  berupa peralatan usaha 60 unit yang diberikan kepada peserta pelatihan tenaga kerja mandiri yang sudah dilatih.


Bantuan berupa alat mesin pertanian dan sarana peternakan. Pemko melalui DPP memberikan 2 unit traktor, 4 unit kultivator, bantuan budidaya ikan untuk 2 kelompok dan bantuan sarana peternakan bagi 7 kelompok. (syam)