Begini Jadinya Kalau Sungai Dipenuhi Sampah Dan Enceng Gondok -->

IKLAN ATAS

iklan FEED halaman depan

Begini Jadinya Kalau Sungai Dipenuhi Sampah Dan Enceng Gondok

Sabtu, 26 Desember 2020



Pati, fajarsumbar.com -  Musim hujan kali ini banyak sampah yang melintas di sungai silugonggo dari hulu. Banyaknya sampah yang terbawa arus sungai sehingga menyumbat jembatan yang berada di Desa Pasuruhan Kecamatan Kayen. Melihat banyaknya sampah yang menyumbat dibawah jembatan Babinsa mengajak masyarakat untuk kerja bhakti membersihkan jembatan.

Serda Mustakim Babinsa Desa Pasuruan Koramil 04/Kayen Kodim 0718/Pati bersama Bhabinkamtibmas serta Kasi Trantib Kecamatan Kayen mengajak masyarakat desa setempat melaksanakan pembersihan sampah yang mengganggu aliran air sungai Silugonggo yakni tepatnya di bawah jembatan desa Pasuruan kecamatan Kayen. Sabtu, (26/12/2020).


Menurut Serda Mustakim, sampah yang menyumbat aliran sungai tersebut berasal dari daerah hulu aliran sungai tersebut.

Terlihat material sampah seperti bambu serta ranting kayu menumpuk dibawah jembatan, terlebih lagi banyak pula tanaman enceng gondok yang terbawa aliran sungai sehingga menambah parah sumbatan.

Bahkan untuk membersihkan sampah serta enceng gondok, Babinsa harus menggunakan bantuan perahu untuk menjangkau dan memudahkan untuk mengumpulkan sampah yang menyebabkan sumbatan dibawah jembatan tersebut.

"Kalau tidak segera kita bersihkan takutnya menyumbat aliran sungai dan mengakibatkan banjir, karena debet air yang semakin bertambah mengingat hujan terus turun," Ujar Mustakim.


Berkoordinasi dengan Babinkamtibmas serta Kasi Trantib Kecamatan Kayen dan bersama Warsito Kepala Desa Pasuruan akhirnya  dilaksanakan kerja bhakti pembersihan sampah yang menyumbat aliran sungai tersebut.

Tidak membutuhkan waktu lama, bersama warga setempat akhirnya sumbatan yang mengganggu aliran sungai dapat diangkat menggunakan alat seadanya sehingga aliran sungai kembali lancar. (Snpt/m@s)