BLT-DD di Desa Goisooinan Mentawai Hampir Capai Target -->

IKLAN ATAS

iklan FEED halaman depan

BLT-DD di Desa Goisooinan Mentawai Hampir Capai Target

Senin, 14 Desember 2020
.


Mentawai, fajarsumbar. com - Menjelang penghujung tahun 2020, program Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) di Kepulauan Mentawai hampir mencapai target seluruhnya. Berdasarkan data yang ada di Desa Goisooinan, Mentawai sebanyak 12 KK.


Kepala Desa Goisooinan, Hasan Basri  menyatakan bahwa BLT-DD merupakan salah satu kebijakan prioritas pemanfaatan Dana Desa (DD) pada tahun anggaran 2020.


"Karena itu kita harus betul - betul  memanfaatkan waktu satu bulan ini untuk mempercepat penyaluran BLT-DD, khususnya kepada warga yang terdaftar penerima , Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD), Penyetaraan Penghasilan Tetap (Siltap), serta Persiapan Pelaksanaan dan Pemanfaatan Dana Desa Tahun 2021," ujarnya,  Senin (14/12/2020).


Meskipun demikian, rumus anggota BPD menilai skema pemerintah untuk BLT-DD saat ini sudah cukup baik. Pasalnya, dengan hal tersebut akan membantu menyangga kehidupan ekonomi masyarakat Desa terutama bagi yang terdampak Covid-19.


"Prinsipnya untuk Dana Desa tahun 2020 sudah diberikan kepercayaan kepada Desa untuk mengelola termasuk dalam penyaluran BLT DD-nya. Kita harapkan di tahun depan keterlibatan desa ini akan semakin aktif


"Untuk alokasi kinerja tahun depan akan diberikan kepada Desa dengan kinerja baik  Desa. Penilaiannya kita lihat dari pengelolaan keuangan Desa, pengelolaan Dana Desa, capaian atau output Dana Desa, dan outcome Dana Desa


Sementara itu, untuk mekanisme Dana Desa di tahun 2021  kita melihat perkembangan bahwa Dana Desa tetap diprioritaskan penggunaannya untuk jaring pengaman sosial yaitu Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD).


Hasan Basri berharap dana ini yang disalurkan Kepada masyarakat agar dimanfaatkan sebaik baiknya. (s)