FKRT Gelar Wisuda Waqaf 1000 Hafizh ke V Kecamatan Lima Kaum -->

IKLAN ATAS

iklan FEED halaman depan

FKRT Gelar Wisuda Waqaf 1000 Hafizh ke V Kecamatan Lima Kaum

Minggu, 27 Desember 2020

Acara Wisuda Tahfizh Waqaf 1000 Hafizh di Masjid Laskar Koto Gadih Lima Kaum, Ahad 27/12/20


Tanah Datar, fajarsumbar.com - Forum Komunikasi Rumah Tahfidz (FKRT) Kecamatan Lima Kaum melaksanakan wisuda Waqaf 1000 Hafizh ke V untuk Kecamatan Lima Kaum, di Masjid Laskar Koto Gadih Kecamatan Lima Kaum Kabupaten Tanah Datar, Ahad (27/12/2020). 


Kegiatan wisuda ini pada tahun sebelumnya dilaksanakan serentak se Tanah Datar, tapi tahun ini karena adanya pandemi Covid-19 maka dilaksanakan per kecamatan. Untuk Kecamatan Lima Kaum santri santriwati yang diwisuda sebanyak 67 orang, dimana untuk 1 dan 2 juz sebanyak 44 orang serta 3 juz sebanyak 23 orang. 


Ketua FKRT Lima Kaum Andri Dt. Maliputi Alam menyampaikan bahwa wisuda kali ini agak berbeda dari wisuda sebelumnya, dimana sekarang memakai mahkota untuk orang tua santri yang dipasangkan langsung oleh santri kepada orang tuanya. Dan mahkota itu karya dari salah satu orang tua santri. 


"Dan untuk reward santri kita laksanakan sambung ayat bagi para santri yang dipimpin oleh Ketua Lajnah Hamdani, Lc MA untuk 6 orang santri. Dan dalam pelaksanaan wisuda ini kita tetap menerapkan protokol kesehatan dengan menerapkan 3M," ucap Andri melalui sambungan telepon. 


Kabag Kesra Afrizon mengatakan, untuk mencapai Kabupaten Tanah Datar menjadi Kabupaten Tahfizh Qur'an perlahan namun pasti sudah semakin menunjukkan hasil yang baik, ini bisa dilihat dari perkembangan Rumah Tahfizh (RT) yang semakin berkembang dan meningkat setiap tahunnya, di mana tahun 2016 lalu hanya ada 6 RT, 2017 meningkat jadi 69 RT, 2018 menjadi 145 RT, 2019 sudah 167 RT, dan sekarang 2020 sudah mencapai 201 RT. 


Dengan peningkatan jumlah Rumah Tahfizh itu tentunya sebanding juga dengan jumlah santriwan dan santriwati yang belajar mendalami dan memahami kandungan Al Qur’an. Dimana Kabupaten Tanah Datar mampu menjadi juara umum pada gelaran Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Nasional Tingkat Provinsi Sumbar, dari 9 medali emas yang diraih, 5 diraih pada cabang hifzil Qur’an.


"Untuk tahun 2021 ini pemerintah Kabupaten Tanah Datar akan mewujudkan satu rumah satu Hafizh Qur'an, dan insya Allah program ini dapat didukung oleh para orang tua serta santri dan santriwati," ujar Afrizon. 


Para wisudawan Waqaf 1000 Hafizh ini mendapatkan sertifikat, medali, Al-quran, dan voucher umrah senilai Rp. 69.000.000 dimana setiap santri mendapatkan 1.500.000 dari PT Amanah Umrah & Travel. 


Hadir dalam kesempatan ini Camat Lima Kaum Hendra Setiawan, Wali Nagari Lima Kaum, KUA Lima Kaum, Pimpinan PT Amanah Travel, Ketua FKRT Kabupaten Tanah Datar beserta pengurus, Ustadz dan Ustadzah Rumah Tahfizh, serta undangan lainnya. (fdy)