Guru PAUD Adalah Kumpulan Orang-orang Hebat -->

IKLAN ATAS

iklan FEED halaman depan

Guru PAUD Adalah Kumpulan Orang-orang Hebat

Minggu, 13 Desember 2020
Penyerahan bantuan mobil pintar kepada pengelola PAUD Kota Padang yang diserahkan perwakilan PT Askrindo Padang Yaman Fauzi kepada Bunda Paud Harneli Mahyeldi di aula Dinas Pendidikan Padang, Sabtu (12/12/2020). (ist)


Padang, fajarsumbar.com - Masa usia dini adalah periode emas bagi perkembangan anak untuk memperoleh proses pendidikan. Periode ini adalah tahun-tahun berharga bagi seorang anak, perlu perhatian semua pihak, sehingga pemenuhan kebutuhan pendidikan anak usia dini dapat terpenuhi.


Hal itu diungkapkan Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Kota Padang Hj.Harneli Mahyeldi saat memberikan arahan pada Seminar Nasional PAUD, pelatihan daring dan luring guru PAUD di aula Dinas Pendidikan Kota Padang, Sabtu (12/12/2020).


Menurut Harneli pada seminar yang bertemakan "Membangun Karakter dan Akhlak Anak Sejak Usia Dini Adaptasi Kebiasaan Baru dalam Pembelajaran PAUD" itu, guru PAUD adalah orang hebat dan orang pilihan.


Guru PAUD adalah orang yang memberikan berbagai jenis layanan baik formal maupun non formal. Guru PAUD dapat memberikan pendidikan, pengasuhan serta stimulasi bagi anak usia dini. 


Menjadi guru PAUD harus memiliki kualifikasi akademik yang mumpuni dan memiliki kompetensi, sehingga dapat mentransfer ilmu dan karakter kepada peserta didik. Guru PAUD memiliki peran yang sangat penting dalam dunia pendidikan. "Saya bangga kepada guru PAUD, sebab mereka itu orang pilihan yang hebat," ujar Harneli memuji.


Alasannya, pendidikan anak usia dini cikal bakal menuju pendidikan yang selanjutnya. Pendidikan anak usia dini menjadi dasar yang fundamental yang harus memperhatikan aspek pertumbuhan dan perkembangan anak, sebab pada usia emas ini anak sangat perlu diperhatikan dan diutamakan.


Seminar Nasional itu dilaksanakan PAUD Institute Jakarta bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Kota Padang, Himpaudi Padang dan didukung oleh PT Askrindo. Pesertanya Pendidik PAUD Kota Padang secara luring sebanyak 50 orang dan daring 180 orang serta diikuti juga oleh pendidik PAUD seluruh Indonesia.


Nara sumbernya, Bunda PAUD Kota Padang, Hj. Harneli Mahyeldi, Direktur PAUD Institute Jakarta, Dhanang Sasongko, Direktur PT Akskrindo Persero, Kun Wahyu Wardana dan Pengelola KB/TK Quanton, Lia Latifah. Sementara kegiatan itu dibuka Kepala Dinas Pendidikan Padang yang diwakili Kabid PAUDNI, A.H Azmi.


Pada kesempatan itu, PT Askrindo menyerahkan mobil pintar untuk Kota Padang yang secara simbolis diserahkan perwakilan Askraindo Cabang Padang, Yaman Fauzi kepada Bunda Paud Harneli Mahyeldi.


Mobil pintar merupakan perpustakaan berjalan yang dilengkapi dengan sarana multi media, buku bacaan dan alat peraga pendidikan. Tujuan dari mobil pintar untuk membangun budaya literasi sejak usia dini dan memberikan akses membaca buku berkualitas untuk anak di pelosok negeri.


Harneli mengucapkan terima kasih kepada PT Askrindo telah ikut berpartisipasi membangun pendidikann anak di Kota Padang. "Kita berharap masih ada mobil-mobil pintar lainnya diserahkan ke Kota Padang untuk membangun pendidikan anak kita di sini," harap Harneli yang sebentar lagi akan menjadi Bunda PAUD Sumbar tersebut.(ab)