Jembatan Penghubung Dua Nagari di Pessel Rusak Parah -->

IKLAN ATAS

iklan FEED halaman depan

Jembatan Penghubung Dua Nagari di Pessel Rusak Parah

Rabu, 16 Desember 2020

Ini jembatan menghubungi dua nagari yang rusak itu di Pessel. (Covesia/Indra Yen)


Painan, fajarsumbar.com - Jembatan penghubung dua Nagari Lansano dan Kampuang Sariak Rawang Gunuang Malelo, Kecamatan Sutera, Kabupaten Pesisir Selatan, rusak parah. Miring hampir roboh, hal ini disebabkan akibat abrasi pasang.


Menurut informasi warga kepada fajarsumbar.com jembatan itu rusak sudah bertahun-tahun. Tapi belum ada upaya dari pihak terkait untuk memperbaiki. Baik daru kabupaten dan kecamatan serta nagari.


Berapa bulan lalu jembatan ini pernah dipantau oleh pihak dinas PU terkait dari kabupaten, namun sayang sampai sekarang tidak ada sama sekali jawaban dari dinas terkait itu. Dalam kesempatan itu yang menghadiri saat pemantauan jembatan ini,Budi dari dinas PU Pessel serta Abdul Muis dari Fraksi Partai Hanura Dapil 3 Sutera Lenggayang.


Abdul Muis pernah mengungkapkan dengan warga bahwa ia akan memperbaiki jembatan itu, dengan lebar 1,5 meter dan panjang kurang lebih 5 sampai 6 meter. Diperkirakan akan menelan anggaran sekitar Rp200 juta lebih. Sedangkan anggaran dana Pokir Abdul Muis hanya sekitar Rp200 juta, tidak cukup.


Sampai saat sekarang jembatan itu juga hampir roboh dan tak bisa di lalui oleh masarakat sama sekali. Dikonfirmasi kepada Abdul Muis, ia menjawab anggaran dipangkas oleh Covid 19 berapa bulan lalu.


Dengan kondisi jembatan seperti ini, masyarakat setempat yang melintasi jembatan sudah mulai resah dan cemas karna sangat membahayakan.


Serel (45) salah seorang warga setempat mengungkapkan, bahwa kondisi jembatan singkat ini sudah rusak semenjak berapa tahun lalu, atas kerusakan tersebut hingga saat ini belum ada diperbaiki.


"Kalau dibiarkan terus seperti ini, takutnya nanti memakan korban, karna jembatan ini selain hampir roboh juga sudah miring," terangnya, Rabu (16/12/2020). (*)