Linmas Mandiangin Dilatih Padamkan Api -->

IKLAN ATAS

iklan FEED halaman depan

Linmas Mandiangin Dilatih Padamkan Api

Jumat, 18 Desember 2020

Linmas latihan padaman api di halaman Kantor Kecamatan Koto Selayan Bukittinggi, Jumat (18/12/2020).


Bukittinggi, fajarsumbar.com - Dalam rangka menyambut tahun baru 2021 dan mengantisipasi bahaya kebakaran, Linmas Kecamatan Mandiangin Koto Selayan, Kota Bukittinggi dilatih padamkan kebakaran.


Hal ini disampaikan Camat Koto Selayan Erizal S.Sos didampingi Kabid Pencegahan Dinas Kebakaran Kota Bukittinggi, Babinkamtibmas dan Babinsa Kecamatan Bukittinggi, Jumat (18/12/2020)


Menurut dia, mengingat penggantian tahun baru tinggal menghitung hari, dimana meningkatnya aktifitas warga yang berada di Kecamatan Koto Selayan maupun yang berencana berlibur keluar kota.


"Kami dari Kecamatan Mandiangin Koto Selayan, berkoordinasi dengan Dinas Kebakaran melatih Linmas tehnik pemadaman api kalau terjadi awal kebakaran," ujarnya.


Di tempat yang sama Kabid Pencegahan Kebakaran Sunarno SH, mengatakan, pelatihan antisipasi kebakaran sedini mungkin, sangat perlu dilakukan.


Disamping Pemadam Kebakaran telah mempunyai relawan pemadam kebakaran (Redkar) sekarang diberdayakan anggota Lindungan Masyarakat  (Linmas) yang setiap kelurahan 5 orang dan Kecamatan Mandiangin Koto Selayan ada 45 orang.


"Api kecil jadi teman, besar jadi lawan, untuk itu sebagai relawan, Linmas disetiap kelurahan harus waspada terhadap api," ujarnya.


Pelatihan ini dilakukan cara (tehnik) memadamkan api, yang diperagakan dengan menutup dengan karung basah. Sebagai pertolongan pertama, kalau tidak memungkinkan segera hubungi Mako Damkar.


Diimbau kepada masyarakat, agar berhati-hati terhadap api, jangan meninggalkan kompor sedang menyala, jangan lupa mencabut colokan strika, jangan terlalu banyak menumpuk colokan listrik, berbahaya bisa menimbulkan korsletting listrik," ujarnya. (gus)