Mahyeldi Pimpin PKS Sumbar -->

IKLAN ATAS

iklan FEED halaman depan

Mahyeldi Pimpin PKS Sumbar

Minggu, 27 Desember 2020

Mahyeldi bersama jajaran pengurus PKS Sumbar yang baru. ist

 


Padang, fajarsumbar.com-Partai Keadilan Sejahtera melakukan suksesi kepemimpinan di tingkat provinsi di seluruh Indonesia. Mahyeldi terpilih sebagai Ketua Dewan Pengurus Wilayah Provinsi Sumbar periode 2020-2025. Walikota Padang yang juga Calon Gubernur Sumbar dengan perolehan suara terbanyak di Pilgub 2020 ini terpilih dalam Musyawarah Wilayah ke-5 PKS Sumbar yang dilaksanakan, Ahad (27/12).


Terpilihnya Mahyeldi sebagai Ketua DPW PKS Sumbar sangat mengejutkan. Pasalnya, Mahyeldi yang semula adalah Ketua Majelis Pertimbangan Partai tingkat Sumbar ini akan menjadi Gubernur Sumbar. Dengan demikian, Mahyeldi akan menjadi yang pertama sebagai Ketua DPW PKS yang sekaligus Gubernur Sumbar.


Terpilihnya Mahyeldi juga mengejutkan bagi internal PKS. Seperti diketahui, pemilihan pucuk pimpinan di partai ini melalui mekanisme pemilu internal. Pemilu internal memilih sejumlah nama yang potensial sebagai ketua yang baru. Nama-nama tersebut diteruskan ke DPP PKS. DPP PKS kemudian yang menentukan ketua baru di tingkat provinsi. Mahyeldi termasuk nama yang dipilih dalam Pemilu internal bersama nama-nama potensial lainnya.


Struktur PKS di tingkat daerah terbagi atas tiga, yaitu Dewan Pengurus Wilayah, Majelis Pertimbangan Partai, dan Dewan Syariah Wilayah. Sebagai Ketua MPP Wilayah Sumbar dijabat oleh Irsyad Syafar. Sementara, Ketua DSW dijabat oleh Zuladli.


Struktur PKS di tingkat provinsi ini juga dilengkapi oleh kepengurusan inti. Di tingkat DPW, Ulyadi Yesmar menjadi Wakil Ketua Umum, didampingi Rahmat Saleh sebagai Sekretaris Umum, Muhammad Ridwan sebagai Bendahara Umum dan Mulyadi sebagai Ketua Bidang Kaderisasi. Sementara, Ketua MPW didampingi Sekretaris Umum, Mochlasin dan Ketua DSW didampingi Sekretaris, Donis Satria.


Ketua MPW PKS Sumbar, Irsyad Syafar menyebutkan kepengurusan PKS yang baru banyak diisi oleh orang muda yang mewakili kaum milenial. Hal ini senapas dengan perubahan mendasar yang telah dilakukan PKS. Lewat Munas terbaru, PKS tampil dengan semangat dan logo baru. Logo baru PKS dengan dominasi warna oranye yang cerah mewakili semangat muda kaum milenial.


Selain membentuk kepengurusan baru, Muswil ke-5 PKS Sumbar menurut Irsyad menyepakati target PKS di Pemilu 2024 mendatang. "Target kita menjadi pemenang di Sumbar dengan raihan suara 20 persen lebih. Target ini sangat rasional. Kita lihat dari sejumlah survei dan berkaca pada Pilgub kemarin, dimana kader PKS kembali terpilih sebagai gubernur untuk yang ketiga kalinya," ujar Irsyad Syafar.


Terkait dengan terpilihnya Mahyeldi yang akan mengemban amanah besar sebagai Gubernur Sumbar, Irsyad menegaskan hal itu takkan mengganggu kinerja Mahyeldi sebagai gubernur maupun eksistensi PKS sebagai parpol. Menurut Irsyad, PKS selama ini bekerja dengan sistem, sehingga tak tergantung pada personal yang menjadi pengurus. Irsyad menjamin tidak akan ada pertentangan antara amanah sebagai gubernur dan ketua partai yang diemban Mahyeldi. (arr)