Mantap! Bejibun Penghargaan Diraih Mahyeldi -->

IKLAN ATAS

iklan FEED halaman depan

Mantap! Bejibun Penghargaan Diraih Mahyeldi

Rabu, 02 Desember 2020
Mahyeldi terima penghargaan yang diserahkan Menteri Tjahjo Kumolo 


PADANG – Dengan prediket nilai BB atas Laporan Hasil Evaluasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LHE SAKIP) Kota Padang tahun 2019, Wali Kota Padang Mahyeldi menerima penghargaan Akuntabilitas Kinerja Tahun 2019 dari Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN RB) Tjahjo Kumolo.


Penghargaan prestisius tersebut diterima Mahyeldi pada acara SAKIP Award 2019 “Making Change Making History, Take A Part And Keep Moving” Wilayah I yang meliputi Provinsi Aceh, Sumatra Utara, Sumatra Barat, Bengkulu, Jambi, Riau, Kepulauan Bangka Belitung, Kepulauan Riau, Sumatra Selatan, Banten, dan Jawa Barat di Radisson Golf & Convention Center Batam, Senin (10/2/2020).


Menteri Tjahjo Kumolo mengatakan, penerapan SAKIP merupakan langkah konkret yang dilakukan pemerintah untuk mewujudkan reformasi birokrasi, melalui pengelolaan anggaran secara efektif dan efisien. “Setiap tahun, Kementerian PAN RB melaksanakan evaluasi atas implementasi SAKIP pada seluruh kementerian, lembaga, dan pemerintah daerah untuk mengukur perkembangan implementasi SAKIP serta melakukan pembinaan yang berkesinambungan di seluruh instansi pemerintah”, ujarnya.


Sementara itu, Wali Kota mengatakan, evaluasi yang dilakukan Kementerian PAN RB untuk memetakan instansi pemerintah pada beberapa kategori. Pengkategorian yang dilakukan bukan sekedar untuk menilai instansi pemerintah, namun untuk memetakan tingkat implementasi manajemen kinerja masing-masing instansi pemerintah, sehingga memudahkan proses perbaikan dalam implementasi SAKIP.


Mahyeldi di antara kerumunan kepala daerah yang menerima penghargaan.


“Penghargaan ini menunjukkan bagaimana kemampuan kita (Pemko Padang-red) dalam pengelolaan penggunaan anggaran yang dapat dipertanggungjawabkan demi pelayanan dan kemanfaatan kepada masyarakat,” terang Mahyeldi.


Lebih lanjut dijelaskan, penguatan SAKIP yang dilakukan agar terciptanya manajemen kinerja instansi pemerintah yang baik, mencakup (1) perumusan sasaran pembangunan lebih berorientasi hasil dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat; (2) Refocusing program/kegiatan sesuai dengan sasaran pembangunan; dan (3) upaya cross cutting program dan kegiatan sehingga terwujud sinergitas (kolaborasi) antar-instansi. Selain itu, Pemerintah Kota Padang cukup gencar mendorong OPD dalam memanfaatkan IT secara optimal dan terintegrasi seperti e-planning, e-budgeting, dan e-sakip. 


“Penghargaan dan nilai yang kita raih tersebut bukan berarti tidak ada ruang untuk perbaikan kedepannya. Kita juga akan tingkatkan implementasi Performance Based Organization, termasuk upaya menciptakan reward dan punishment berdasar pada aspek kinerja. Serta terus menerus memperbaiki tata kelola pemerintahan yang lebih baik dan lebih baik lagi di masa mendatang”, ulasnya lagi. 


Seperti diketahui, akhir tahun 2020 ini, Wali Kota Mahyeldi juga dinobatkan sebagai People of the Year 2020 kategori Best Government Officer of The Year 2020 dari Metro TV atas sejumlah terobosan yang dilakukannya dalam memimpin Kota Padang. 

Carolina, Produser Metro TV, mengatakan dipilihnya Kota Padang sebagai penerima penghargaan setelah melalui tahapan penilaian yang cukup panjang dan selektif. Ada beberapa kriteria yang ditetapkan untuk bisa menduduki lima kepala daerah terbaik, di antaranya sosok wali kota yang memiliki kemampuan dalam berinovasi pelayanan publik menjadi kunci terpilihnya kepala daerah terbaik. Inilah yang menjadi aspek utama, di samping Indeks Pembangunan Manusia, dan Pendapatan Asli Daerah (PAD).


”Penganugerahan People of The Year merupakan rangkaian peringatan Metro TV ke-20 tahun. Kami hadir memberikan apresiasi bagi para tokoh yang telah berkontribusi pada negeri,” tandasnya.


Sekali tiga uang, Wali Kota Padang Mahyeldi juga meraih penghargaan Anugerah Humas Indonesia (AHI) 2020 dari Humas Indonesia, member of PR Indonesia Group sebagai Wali Kota Terpopuler Di Media Digital 2020. Wali Kota Mahyeldi bersanding dengan Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto, Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini, Wali Kota Tangerang Arief Wismansyah, Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi, Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi dan Wali Kota Tegal Dedy Yon Supriyono. (SMC). (ab)