Tanggul Jebol, Aparat Bersama Masyarakat Bergotong Royong -->

IKLAN ATAS

iklan FEED halaman depan

Tanggul Jebol, Aparat Bersama Masyarakat Bergotong Royong

Jumat, 18 Desember 2020


Pati, fajarsumbar.com  - Derasnya hujan yang mengguyur wilayah Kecamatan Batangan pada hari Rabu (16/12) menyebabkan tanggul sungai gandam jebol di Desa Ketitangwetan, Kecamatan Batangan, Kabupaten Pati. Akibatnya pemukiman warga serta lahan persawahan terendam banjir. Jumat (18/12/2020).


Sedikitnya ada tiga titik tanggul yang jebol dengan ukuran yang jebol lebih kurang 4 m. Akibanya  40 rumah warga  terendam banjir. Ketinggiannya bervariasi antara 30 sentimeter sampai 70 centimeter. Sedangkan areal persawahan warga juga terdampak dengan jebolnya tanggul sungai yang melintasi desa tersebut.  Namun hingga saat ini belum ada warga yang memilih mengungsi. 


Menurut Serka Rohadi yang juga anggota Koramil 15/Batangan mengatakan dengan jebolnya tanggul tersebut membuat warga kesulitan dalam beraktifitas, akan tetapi warga masih enggan untuk mengungsi. Berkenaan dengan kejadian tersebut Koramil, Polsek, Perangkat Desa serta masyarakat bersaka bergotong royong untuk perbaikan tanggul jebol. Dengan peralatan seadanya denganmenggunakan bambu serta karung yang diisi tanah, aparat bersama masyarakat bahu membahu bergotong royong.

"Untuk itu tanggul yang jebol kita perbaiki bersama pihak terkait dan tentunya bersama masyarakat sekitar," Ungkap Rohadi.


Perbaikan tanggul dengan peralatan seadanya ini menghabiskan lebih kurang 1500 sak karung yang diisi tanah untuk menutup daerah yang jebol. Untuk itu warga berharap agar pihak terkait segera melakukan pembenahan agar hal ini tidak terjadi lagi sehingga aktivitas warga kembali normal seperti semula. (m@s)