Pemerintah Akan Sebar Petugas Vaksinasi Covid 19 ke 34 Provinsi -->

IKLAN ATAS

iklan FEED halaman depan

Pemerintah Akan Sebar Petugas Vaksinasi Covid 19 ke 34 Provinsi

Selasa, 15 Desember 2020

ilustrasi


Jakarta, fajarsumbar.com - Pemerintah tengah menyiapkan puluhan ribu tenaga vaksinator jelang vaksinasi Covid-19 yang akan dilakukan secara bertahap.


Sekjen Kementerian Kesehatan Oscar Primadi mengatakan bahwa seluruh petugas tersebut akan disebar ke 34 provinsi di seluruh Indonesia.


"Pelatihan sudah dilakukan untuk 12.408 orang di 21 provinsi. Sementara workshop penyiapan bagi tenaga vaksinator telah dilangsungkan untuk 29.635 orang di 34 provinsi," ujar Oscar dalam keterangan pers virtual yang diselenggarakan oleh Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN), Senin (14/12/2020) sebagaimana dikutip pada cnnindonesia.com.


Dia menuturkan seluruh pelatihan telah dirangkum dalam kurikulum virtual agar setiap vaksinator mempunyai keilmuan yang sama dalam melakukan vaksinasi bertahap.


"Tentang APD, Kemenkes juga menyiapkan untuk sosialisasi ke seluruh pelatihan vaksinator ini. Sekaligus penyediaan cold chain atau rantai dingin, logistik pendukung, termasuk APD level satunya," ujarnya.


Oscar memastikan bahwa pemerintah akan menyediakan vaksin yang aman, efektif, dan mematuhi azas kehalalan di Indonesia. Terkait dengan kepastian kehalalan vaksin Covid-19, Kemenkes telah bekerja sama dengan Majelis Ulama Indonesia (MUI).


"Vaksin yang efektif itu tentunya untuk melindungi individu-individu dan masyarakat dari penularan penyakit-penyakit. Selain itu juga agar kemungkinan mengalami gejala lebih ringan ketika menghadapi penyakit itu," jelasnya.


Dia menyebutkan bahwa upaya melakukan vaksinasi bertahap bukannya tanpa tantangan. Salah satu yang harus dihadapi oleh Indonesia untuk mencapai pemerataan distribusi vaksin adalah faktor geografis.


"Nakes-nakes [tenaga kesehatan] kita, vaksinator kita, mempunyai effort yang luar biasa untuk menjangkau daerah tertentu," katanya.


Kendati vaksin telah hadir, masyarakat diminta untuk tetap mematuhi protokol kesehatan 3M, yaitu #memakaimasker#menjagajarak, dan #mencucitangan dengan sabun.


"Bahwa mematuhi kemudian menjalankan protokol kesehatan dengan baik, itu adalah paling ampuh dari semua upaya-upaya yang selama ini kita yakini," pesan Oscar. (*)