Pemkab Padang Pariaman Siapkan Regulasi Tata Kelola Dana Nagari -->

IKLAN ATAS

iklan FEED halaman depan

Pemkab Padang Pariaman Siapkan Regulasi Tata Kelola Dana Nagari

Selasa, 15 Desember 2020



Padang Pariaman, fajarsumbar.com - Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman mempersiapkan regulasi tata kelola dana nagari. Regulasi demikian, sebagai petunjuk teknis pelaksanaan, penatausahaan dan pelaporan dana nagari pada tahun depan.


Ada 3 (tiga) Rancangan Peraturan Bupati (Perbup yang dibahas. Yakni Perbup pedoman penggunaan dan penyaluran Alokasi Dana Nagari (ADN), Perbup Tata Cara Penghitungan dan Penetapan Rincian Alokasi Dana Nagari, dan Perbup Pendaftaran Pembayaran Iuran BPJS bagi Wali Nagari bersama Perangkat Nagari.


"Kita berkomitmen tata kelola dana nagari yang profesional, efektif, efisien, akuntabel dan transparan," kata Inspektur Hendra Aswara di ruang rapat Kantor Bupati di Parit Malintang, Selasa (15/12/20).


Disebutkannya, pembahasan Perbup dilakukan bersama Inspektorat, DPMD, BPKD, Bapelitbangda dan Bagian Hukum.


Dalam ranperbup, ungkap dia, akan diatur penyaluran dana nagari, persyaratan penyaluran dan pelaporan. 


Kita berharap ranperbup itu sebagai pedoman dalam penggunaan dana nagari oleh Wali Nagari beserta perangkat" tegas Mantan Kadis Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak itu.


Sementara itu, Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat Pembangunan Desa (PMPD) Junaidi Syah mengatakan ranperbup dijadwal selesai akhir tahun ini dan sudah ditandatangani oleh Bupati Padang Pariaman.


"Semoga ranperbup ini segera kita terbitkan dan sebagai Juknis pengelolaan dana nagari nantinya" kata Junaidi. (r-saco)