Polres Agam Siagakan 2 Pos Pengamanan pada Operasi Lilin -->

IKLAN ATAS

iklan FEED halaman depan

Polres Agam Siagakan 2 Pos Pengamanan pada Operasi Lilin

Senin, 28 Desember 2020

.

Agam, fajarsumbar.com - Polres Agam menyiagakan dua pos pengamanan dan empat pos pelayanan dalam giat Operasi Lilin Singgalang 2020. 


Tujuan Operasi Lilin Singgalang 2020, sebut Kapolres Agam, AKBP Dwi Nur Setiawan, untuk menjamin keamanan dan keselamatan masyarakat di Wilayah Hukum Polres Agam dalam rangka perayaan Natal 2020 dan pergantian tahun dari 2020 menuju Tahun Baru 2021.


Operasi ini digelar selama 15 hari ke depan dari 21 Desember 2020 hingga 4 Januari 2021. Dengan sasaran pengamanan, meliputi kegiatan ibadah, mobilitas angkutan dan tempat-tempat yang ramai dikunjungi masyarakat, baik pusat perbelanjaan, pertokoan dan pusat keramaian lainnya.


Polres Agam juga menyiagakan dua pos pengamanan, seperti di Simpang Gudang dan Matur. Empat pos pelayanan lsinya, berlokasi di Tiku, Puncak Lawang, Linggai Park dan Kelok 44. ”Kita kerahkan personel gabungan di seluruh pos yang sudah disiapkan tersebut. Selain siaga di pos, juga beberapa personel gabungan akan ditugaskan untuk patroli secara intens,”


Selain pengamanan dua momen itu, juga diupayakan untuk menekan angka kecelakaan lalulintas, termasuk tingkat kriminalitas. Dengan demikian kata Dwi, pihaknya berharap adanya dukungan dari semua pihak, sehingga kegiatan pengamanan natal 2020 dan tahun baru 2021 berjalan lancar, sehingga tidak terjadi hal yang tidak dinginkan.


Ia menegaskan, kepada pengelola atau pemilik maupun pelaku wisata agar tidak membuka objek wisata pada malam pergantian tahun 2020 ke 2021. Kemudian aparat juga diminta untuk berpartidipsi mengawasi tempat yang berkemungkinan dijadikan  sebagai lokasi perayaan pergantian tahun.


Ketika dikonfirmasi FajarSumbar.Com, terkait volume kendaraan pribadi dan pariwisata yang melintasi jalan raya Matur, menuju Maninjau dan Lawang pada libur Natal 2020 dan menyambut Tahun 2021, Anggota Pos Pengamanan Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 Matur Aiptu Pol Efendi. SH mengatakan, jumlahnya cukup tinggi baik kendaraan roda dua maupun roda empat.


Berdasarkan pemantauan petugas dilapangan, pemilik kendaraan bersama penumpangnya, hanya mengunjungi kawasan wisata, seperti Ambun Pagi, Ambun Tanai, Lawang Park dan Puncak Lawang yang berada di Kecamatan Matur Kabupaten Agam itu.


Disisi lain, juga tidak ada kegiatan ibadah yang terkait dengan  perayaan hari Natal, begitu juga dengan tempat-tempat yang ramai yang dikunjungi masyarakat, baik pertokoan maupunn pusat keramaian lainnya, sebut Efendi.


Kepada pengemudi kendaraan harus berhati- hati dan bisa mematuhi peraturan berlalulintas, mengingat kondisi jalan raya Matur menuju kawasan wisata di daerah itu masih terasa sempit bagi pengemudi kendaraan roda empat. 


Kusus di jalur kelok 44 dari Matur menuju Maninjau, Efendi beharap kepada pengemudi kendaraan yang dari atas atau mendekati tikungan, agar dapat menahan kendaraannya terlebih dahulu dan memberi kesempatan bagi kendaraan yang dari bawah agar bisa naik keatas.


Di kelok 22  dari atas juga didirikan Pos Pelayanan, karena kelok 22 itu diduga rawan dibanding sejumlah kelok lainnya.


Pos pelayan lainya, juga dibangun di tempat- tempat objek wisata yang melibatkan personil dari unsur Polri untuk memberikan pelayanan terhadap pengunjung.


Di Pos Pengaman dilibatkan pula unsur Polri, Satpol PP, Dinas Perhubungan, BPBD dan unsur terkait lainya. (Rony Dz/Yanto)