Presiden: Vaksin Covid 19 untuk Masyarakat Gratis -->

IKLAN ATAS

iklan FEED halaman depan

Presiden: Vaksin Covid 19 untuk Masyarakat Gratis

Rabu, 16 Desember 2020

ilustrasi


Jakarta, fajarsumbar.com - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menegaskan pelaksanaan vaksinasi corona untuk masyarakat seluruhnya akan gratis.


"Jadi setelah menerima masukan dari masyarakat, dan setelah kalkulasi ulang, melakukan perhitungan ulang mengenai keuangan negara, dapat saya sampaikan vaksin Covid untuk masyarakat gratis," kata Jokowi dalam keterangan pers di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Rabu (16/12/2020) yang disiarkan daring via akun Youtube Sekretariat Presiden sebagaimana dikutip pada cnnindonesia.com.


 "Gratis tidak dikenakan biaya sama sekali. Untuk itu saya instruksikan kepada seluruh kabinet, kementerian/lembaga, pemda untuk prioritaskan program vaksinasi tahun anggaran 2021," tegasnya.


Selain itu, Jokowi pun menyatakan telah memberikan instruksi kepada Menteri Keuangan Sri Mulyani untuk memprioritaskan dan merealokasi anggaran lain terkait ketersediaan vaksin gratis.


 "Sehingga tidak ada alasan bagi masyarakat untuk tidak dapat vaksin," kata dia.


Sebelumnya, awal bulan ini Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto telah menerbitkan keputusan yang menetapkan jenis vaksin Covid-19 bakal digunakan di Indonesia. 


Pada Kepmenkes HK.01.07/ Menkes/9860/2020 yang diteken 3 Desember lalu ditegaskan nada dua skema vaksinasi Covid-19, di mana yang gratis dikelola Kemenkes sementara yang mandiri alias berbayar dikelola Kementerian BUMN. (*)