Rengkuh Investor Salah Satu Cara Sumbar Turunkan Angka Kemiskinan -->

IKLAN ATAS

iklan FEED halaman depan

Rengkuh Investor Salah Satu Cara Sumbar Turunkan Angka Kemiskinan

Rabu, 02 Desember 2020
Ilustrasi. (republika.co.id)


Padang, fajarsumbar.com - Berbagai cara dilakukan pemerintah Sumatera Barat (Sumbar) untuk menurunkan angka kemiskinan. Salah satunya dengan menggaet investor untuk menanamkan modalnya ke Ranah Minang ini.


Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Sumbar Maswar Dedi mengungkapkan, salah satu faktor penyebab kemiskinan adalah tingkat pengangguran dan jumlah pendapatan per kapita.


Pemerintah Provinsi terus berupaya melakukan percepatan penurunan angka kemiskinan, pembangunan dan daerah tertinggal, salahsatu langkahnya dengan investasi.


"Peningkatan investasi di Sumatera Barat diharapkan dapat menyerap banyak tenaga kerja sehingga dapat mengurangi tingkat pengangguran dan meningkatkan jumlah pendapatan per kapita," ujarnya.


Menurutnya, investasi dalam jumlah besar yang menyerap banyak tenaga kerja juga dapat menimbulkan multiplier effect terhadap pembangunan daerah sekitarnya.


"Seperti tumbuhnya pusat-pusat ekonomi baru, pasar, pertokoan, rumah makan, dan lain-lain," tuturnya.


"Dan hal ini juga memberikan dampak terhadap peningkatan pendapatan masyarakat di sekitar lokasi proyek investasi dan pada akhirnya dapat meningkatkan perekonomian masyarakat," tukuknya.


Maswar Dedi menambahkan pembangunan daerah tertinggal tidak saja membutuhkan peran pemerintah dibandingkan peran swasta karena ini terkait hajat hidup orang banyak.


yaitu peningkatan investasi pemerintah dalam hal pembangunan infrastruktur, seperti akses jalan/transportasi, akses komunikasi, air bersih, irigasi, kesehatan, pendidikan, dan pelayanan lainnya untuk memudahkan masyarakat di daerah tertinggal melakukan aktivitas ekonomi dan sosial.(hms-pemprov/ab)