STMIK Indonesia Optimis akan Jadi Universitas Terkemuka di Sumatera -->

IKLAN ATAS

iklan FEED halaman depan

STMIK Indonesia Optimis akan Jadi Universitas Terkemuka di Sumatera

Sabtu, 12 Desember 2020
Ketua STMIK Indonesia Padang, Masyhuri Hamidi SE. MSi. Phd. CFP



Padang, fajarsumbar.com - Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) Indonesia Padang, terus berupaya agar lembaganya bisa menjadi suatu universitas yang terkemuka di Sumatera.


"Terkait dengan hal itu, STMIK Indonesia Padang, membuka 2 Program Studi (prodi) baru, yakni prody Informatika dan Bisnis Digital program S1 dan prodi Sistem Informasi program S2," ungkap Ketua STMIK Indonesia Padang, Masyhuri Hamidi SE. MSi. Phd. CFP, kepada fajarsumbar.com, usai mewisuda sarjana baru STMIK Indonesia secara virtual di Auditorium STMIK Indonesia Jalan Khatib Sulaiman Padang, Sabtu (12/12/2020).


Menurutnya, kedua prodi pada program S1 dan 1 prodi program S2 itu, masih menunggu izin oprasional dari Kementerian Pendidikan Republik Indonesia. Diharapkan, tahun akademik 2020-2021, telah bisa menerima mahasiswa baru.


Prodi Informatika dan Bisnis Digital S1 itu, digadang-gadang menjadi salah satu jurusan yang menjadi unggulan di era revolusi industri 4.0.


Untuk menuju universitas itu, jelas Masyhuri, STMIK Indonesia Padang harus memiliki 5 prodi S1, namun saat ini baru mempunyai 1 prodi S1, sedangkan untuk program S2 hanya sebagai pendukung bagi Universitas.


Penambahan 2 prodi program S1 itu, masih memilih yang tepat sesuai ketentuan yang berlaku, seperti 60 persen dibidang exsakta dan 40  persen lagi bidang sosial atau memilih yang unggul sesuai dengan keinginan masyarakat dan bermanfaat pula bagi lembaga pendidikan.


Dalam melaksanaan pendidikan program S2, minimal harus didukung dengan dosen berpendidikan S3, namun kini STMIK Indonesia Padang, hanya baru memiliki 3 orang doktor.


Memenuhi jumlah dosen itu, jelas Masyhuri, ada 4 orang dosen yang sedang menjalani pendidikan S3 dan diharapkan dalam beberapa tahun depan, mereka telah bisa menyelesaikan pendidikannya, sehingga STMIK Indonesia Padang telah mempunyai 7 doktor.


Tahun depan, juga akan diberi kesempatan lagi bagi dosen untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang S3, baik didalam maupun di luar negeri.


Wisuda sarjana baru STMIK Indonesia Padang angkatan ke 41 yang berjumlah 135 orang, digelar secara virtual melalui rapat senat luar biasa dengan wisudawan/ti dari rumah mereka masing-masing.


Pelaksanaan wisuda di tengah pandemi Covid- 19, berjalan lancar dan mematuhi protokol kesehatan. (Rony Dz)