Tengah Malam Paslon H.Khairunas- H.Yulian Epi Ditetapkan Sebagai Pemenang Pilkada Solok Selatan -->

IKLAN ATAS

iklan FEED halaman depan

Tengah Malam Paslon H.Khairunas- H.Yulian Epi Ditetapkan Sebagai Pemenang Pilkada Solok Selatan

Kamis, 17 Desember 2020
Penyerahan hasil pleno penetapan pemenang pilkada oleh KPU kepada tim pemenangan H.Khairunas- H Yulian Epi diterima oleh Sekrestaris tim ses Gusparizal (Abg)


Solsel, fajarsumbar.com - Hasil penghitunan suara tingkat Kabupaten, pasangan calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Solok Selatan, Khairunas-Yulian Efi ungguli paslon Abdul Rahman-Rosman Effendi sebesar 956 suara di Pilkada serentak tahun 2020. 


Hasil tersebut berdasarkan keputusan rapat pleno terbuka rakapitulasi penghitungan suara pemilihan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumbar, serta Bupati dan Wakil Bupati Solok Selatan di Gedung Kemenag Solsel. 


"Total perolehan suara didapatkan paslon Khairunas-Yulian Efi 35.420 suara, paslon Abdul Rahman-Rosman Effendi 34.464 suara, dan paslon Erwin Ali-Marwan Effendi 21.410 suara," ungkapnya. 


Sedangkan calon Gubernur Sumbar, paslon Mulyadi-Ali Mukni meraih 21.914 suara, Nasrul Abit-Indra Catri 33.383 suara, Fakhrizal-Genius Umar 7.136 suara dan Mahyeldi-Audi 27.885 suara. 


Hasil sidang pleno tersebut usai ditanda tangani oleh saksi-saksi, komisioner KPU, kemudian dokumen hasil demokrasi rakyat dimasukan ke kotak suara untuk diantarkan ke KPU Sumbar. 


"Hasil demokrasi ini kita antarkan Kamis (17/12) ke KPU Sumbar," paparnya. 


Anggota Bawaslu Solok Selatan, Ade Kurnia Zelly mengatakan, tingginya tingkat partisipasi pemilih ini lebih didukung peran semua unsur di masyarakat, terutama media cetak, online dan elektronik sebagai bentuk alat sosialisasi yang jitu di masa pandemi. 


"Peran media sangat mendorong tingginya partisipasi pemilih di Solsel, dan kita Bawaslu mengapresiasinya," paparnya. 


Ditengah kecanggihan teknologi, namun dalam aplikasi e sirekap mengalami gangguan, bahkan sering down. 


"Ini masalah yang kita temui dilapangan. Masalah Pikkada berjalan aman dan lancar. Suasana ini jauh lebih aman ketimbang Pikkada di tahun 2015 lalu," tuturnya. (Abg)