Tuntaskan Rakerda, Karang Taruna se-Kota Sawahlunto Sambut 2021 dengan Berbagai Program Kerja -->

IKLAN ATAS

iklan FEED halaman depan

Tuntaskan Rakerda, Karang Taruna se-Kota Sawahlunto Sambut 2021 dengan Berbagai Program Kerja

Kamis, 31 Desember 2020
.


Sawahlunto, fajarsumbar.com
- Bertempat di ruangan gedung DPRD Kota Sawahlunto, Senin (28/12/2020) lalu, Karang Taruna Kota Sawahlunto bersama pengurus Desa/Kelurahan telah menyelesaikan rapat kerja daerah (rakerda). 


Kegiatan rakerda ini dihadiri lansung oleh Pejabat Kementerian Sosial (Kemensos) RI Ani Susanti Kasi Karang Taruna Kemensos RI, Dr. Taufiqkurrohman Tenaga Ahli Kemensos mewakili Direktur PSPKKM Direktorat Jenderal Dayasos Kemensos RI, Wakil Bendahara Umum Pengurus Nasional Karang Taruna Fetty Abidin, Ketua Karang Taruna Provinsi Sumatera Barat Mahdianur dan Ketua Karang Taruna Kota Padang Yaldi. 


Acara Rakerda dibuka lansung oleh Pembina Umum Karang Taruna Walikota Sawahlunto yang di wakili oleh Bapak Wakil Walikota Sawahlunto Zohirin Sayuti dan Pembina umum legislatif Ibu Ketua DPRD Kota Sawahlunto Eka Wahyu.


Dalam sambutannya, Wakil Walikota Sawahlunto berpesan agar Karang Taruna terus menggiatkan kerja-kerja produktif organisasi yang sudah dirintis dengan harapan mampu berkontribusi dalam meningkatkan ekonomi kerakyatan di kota Sawahlunto dan mengatasi persoalan kesejahteraan sosial khususnya yang menyentuh generasi muda. 


Wakil Walikota juga menyambut baik terobosan Karang Taruna Kota Sawahlunto melalui program Usaha Ekonomi Produktif (UEP) yang sedang dijalankan oleh beberapa pengurus Karang Taruna Desa Kelurahan se-Sawahlunto. 


Sementara itu, Pembina umum Ketua DPRD Kota Sawahlunto menyampaikan bahwa hal-hal positif yang digerakkan karang taruna sampai tingkat Desa/Kelurahan sangat bermanfaat untuk mengubah mindset kita masyarakat kota bahwa karang taruna tidak hanya hadir ketika acara HUT Kemerdekaan RI 17agustus maupun kegiatan olahraga saja namun karang taruna bisa memberikan masukan kegiatan di desa kelurahan dengan pilihan kegiatan UEP-nya yang bertujuan untuk mempelopori generasi muda di desa kelurahan dalam menciptakan kewirausahaan generasi muda berbasis potensi sumberdaya kearifan lokal. 


Ketua DPRD juga akan terus memantau dan mendukung karang taruna dengan kebijakan legislatifnya utamanya terkait fungsi legislasi dan budgeting sehingga lahirnya generasi muda yang berkualitas di setiap desa kelurahan.


Pengurus Nasional Karang Taruna bersama pengurus Provinsi Sumatera Barat mengapresiasi agenda rakerda organisasi ini sebagai bentuk konsistensi pengurus karang taruna pada setiap tingkatan dalam mewujudkan konsolidasi dan harmonisasi program kerja organisasi. Dengan adanya rakerda ini karang taruna se-kota sawahlunto bisa menyusun perencanaan organisasi lebih baik lagi kedepan khususnya terkait mengentaskan persoalan sosial generasi muda ungkap Fetty dari PNKT. 


Sementara itu Mahdianur ketua PKT Sumbar mengungkapkan rasa terima kasihnya atas partisipasi karang taruna sawahlunto dalam menjalankan roda organisasi dengan aktifnya kegiatan di kabupaten/kota itu Karang Taruna Sumbar diapresiasi kemensos sebagai pilar sosial kelima terbaik nasional.


Ketua Karang Taruna kota Sawahlunto melaporkan kepada peserta dan tamu yang hadir bahwa karang taruna di rakerda ini telah merumuskan hasil rakerda diantaranya pengurus karang taruna setiap tingkatan di kota sawahlunto meminta kepada Pemerintah daerah agar mengkaji dan membentuk regulasi Perda tentang lembaga kemasyarakatan yang berpedoman kepada Permendagri 18 tahun 2018 tentang LKD dan LAD. 


Poin lainnya dikeputusan rakerda adalah karang taruna se-sawahlunto berkomitmen untuk ikut mendukung program-program pemerintah kota khususnya yang berkaitan dengan fokus giat karang taruna yaitu Usaha Ekonomi Produktif, Usaha Kesejahteraan Sosial, Rekreasi, Olahraga dan Kesenian. Karang taruna se-kota sawahlunto juga berharap bisa berkolaborasi kegiatannya dengan BUMN/BUMD dan perusahaan swasta yang ada di sawahlunto. 


Lanjut andri, saat ini ada beberapa UEP yang sudah tumbuh di Desa Muaro Kalaban, Lumindai, Pasar Kubang dan Kelurahan Aur Mulyo, Tanah Lapang serta Durian II.


Rakerda ini ditutup dengan sosialisasi Permensos Nomor 25 tahun 2019 tentang Karang Taruna oleh tim dari kementerian sosial. Adapun inti dari sosialisasi permensos yang disampaikan adalah karang taruna merupakan Potensi Sumber Kesejahteraan Sosial (PSKS) yang tumbuh dan berkembang dari masyarakat dan diakui keberadaannya oleh negara melalui kementerian sosial. 


Oleh karena itu kementerian sosial akan terus mendukung karang taruna yang aktif di setiap daerah untuk dapat mengakses program-program kemensos seperti kewirausahaan sosial karang taruna, pendampingan persoalan Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) dan lain sebagainya. 


Dalam kesempatannya ke Sawahlunto, pejabat kemensos RI ini juga mengunjungi UEP lele kolam terpal karang taruna Desa Muaro Kalaban dan makam pahlawan nasional M. Yamin.


Pihak kemensos yang hadir sangat mendukung upaya kota sawahlunto dalam upaya pengembangan wisata religi MPN M.Yamin yang ditandai dengan lansung ditelponnya oleh tim yang hadir dirjen dayasos kemensos RI dan pejabat direktorat kepahlawanan nasional kemensos RI dan melaporkan kondisi Makam Pahlawan Nasional tersebut. (KT/ton)