Tutup Masa Tanam 2020, Perhutani Gandeng TNI Hijaukan Pegunungan Kendeng -->

IKLAN ATAS

iklan FEED halaman depan

Tutup Masa Tanam 2020, Perhutani Gandeng TNI Hijaukan Pegunungan Kendeng

Selasa, 29 Desember 2020

 


Pati, fajarsumbar.com – Tergerak dengan rusaknya alam di daerah Pegunungan Kendeng serta untuk melestarikan lingkungan,  Kodim 0718/Pati bersama Perhutani berkomitmen untuk melaksanakan reboisasi.  Hal ini dibuktikan dengan  dilakukan kegiatan penanaman pohon buah-buahan sebanyak 600 bibit pohon yang berlokasi di petak 94 RPH Gayam, BKPH Tambakromo Desa Wukirsari Kecamatan Tambakromo Kabupaten Pati dalam rangka Bakti TNI untuk menghijaukan Pegunungan Kendeng. Selasa, (29/12/2020).

 

Kegiatan penanaman bibit pohon ini dilakukan oleh personel gabungan yakni prajurit TNI dan personel Perhutani yang diikuti 60 orang personel.  Hadir pula dalam kegiatan tersebut Kasdim 0718/ Pati Mayor Inf Much. Sholihin, S.Ag, M.Si, mewakili Dandim 0718/Pati bersama Perwira Seksi Teritorial Kodim Pati Kapten Inf Kusmiyanto, Danramil 20/Tambakromo Kapten Inf Suyani beserta 30 anggota, Administratur KKPH  Pati Edrian Sunardi, S. Hut beserta 20 Anggotanya dan Letda Inf Nur Rosidi Danton Kompi C Yonif 410/Alugoro  beserta 10 anggota serta Bhabinkamtibmas Polsek Tambakromo.



Membuka kegiatan penanaman pohon, Kasdim 0718/Pati Mayor Inf Much. Sholihin, S.Ag, M.Si menyampaikan bahwa kegiatan yang dilaksanakan pada hari ini adalah dalam rangka Bakti TNI untuk melestarikan lingkungan dan menciptakan iklim yang lebih sejuk khususnya di pegunungan Kendeng.  “Hari ini kita bersama-sama dengan rekan-rekan Perhutani melaksanakan kegiatan penghijauan dalam rangka Bakti TNI yaitu penanaman sebanyak 600 bibit pohon buah yang kita fokuskan di sekitar pegunungan Kendeng,”Kata Sholihin.

 

Dengan kegiatan reboisasi ini tentunya banyak sekali manfaat yang akan diperoleh, kalau bukan kita, anak cucu kita yang akan menikmati hasilnya. Selain untuk mencegah banjir serta tanah longsor, tentunya banyak manfaat lainnya yang akan dinikmati oleh masyarakat sekitar pegunungan Kendeng ini.

“Dengan sinergitas antara TNI dan Perhutani ini nantinya bisa didukung oleh masyarakat dengan cara bersama-sama ikut menjaga, mengawasi dan melestarikan hutan ini agar hutan yang ada di pegunungan  Kendeng  bisa tetap lestari dan tanaman buah ini bisa bermanfaat bagi masyarakat semua,” Harap Kasdim.

 

Sementara itu Administratur KKPH  Pati Edrian Sunardi, S. Hut menambahkan bahwa Sinergitas antara Kodim Pati, Yonif 410/Alugoro bersama Perhutani ini merupakan antisipasi pencegahan bencana alam tanah longsor dan banjir.

“Kita melaksanakan penanaman bersama ini dalam rangka pula tutup tanaman  berakhirnya masa tanam tahun 2020.  Kita upayakan penanaman ini adalah untuk mencegah bencana banjir serta tanah longsor dan untuk meninggikan atau menambah serapan air di sekitar pegunungan Kendeng,”Ujar Edrian. (Snpt/m@s)