UNES-AAI Wisuda 537 Mahasiswa Melalui Daring -->

IKLAN ATAS

iklan FEED halaman depan

UNES-AAI Wisuda 537 Mahasiswa Melalui Daring

Senin, 21 Desember 2020
Senat UNES dan AAI Padang foto bersama pada wisuda daring yang dilaksanakan di Auditorium Universitas tersebut, Sabtu (19/12). (dok. humas unes-aai)


Padang, fajarsumbar.com - Universitas Ekasakti dan Akademi Akuntansi Indonesia (UNES-AAI) Padang mewisuda 537 mahasiswanya di Auditorium Universitas tersebut, Sabtu (19/12/2020). 


Wisuda kali ini dilaksanakan secara daring,  berbeda dengan wisuda sebelumnya. Selama ini Rektor didampingi Dekan memindahkan  jambul wisudawan/ti, sekarang orang tua nya langsung memindahkan jambulnya ditempat masing-masing. 


UNES dan AAI Padang terus menata banyak hal guna menuju harapan baru, kampusnya sebagai kampus riset dan kewirausahaan untuk mencapai Visi Besar menjadi Perguruan Tinggi yang unggul dan berperan aktif dalam pembangunan bangsa yang berkelanjutan pada tahun 2030.


Rektor Universitas Ekasakti Dr. Otong Rosadi, SH, M.Hum pada wisuda daring tersebut menyampaikan, ada beberapa capaian UNES dan AAI Padang. Menetapkan mata kuliah kewirausahaan sebagai mata kuliah wajib. Restrukturisasi organisasi dan manajemen dengan menyusun Statuta Baru, Struktur baru di bidang IT dan Tata Kelola Kampus. 


Menyusun kebijakan pengembangan pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dengan menyusun RIP Penelitian, Pengabdian dan Pedoman Akademik. Membekali mahasiswa mulai dari PKKMB, pelibatan mahsiswa dalam Riset, PKM dan kewirausahaan menjadikan kampus berbasis Riset dan Kewirausahaan.


Kemudian kerjasama kemitraan dengan pemerintah dan perguruan tinggi dalam dan luar negeri, juga dengan Pemda, DPRD, kantor pajak, dunia usaha dan industri. Mempersiapkan kemampuan dan peningkatan dosen sebagai pengajar, peneliti dan pengabdi melalui serangkaian pelatihan dan workshop. Terakhir bintek pembelajaran kelas digital. Terus melakukan penjaminan mutu internal dan penyusunan rencana kegiatan di setiap unit di awal tahun.


Mengembangkan Aplikasi Kelas Digital, aplikasi berbasis android yang sudah diterapkan untuk mahassiswa yang mengambil mata kuliah Semester I / Semester Ganjil tahun 2020-2021. 


Secara bertahap Kelas Digital UNES dan AAI Padang ini akan terus dikembangkan menjadi Sistem Pengelolaan Pembelajaran yang merupakan hybrid learnin g atau blended learning. Penyiapan Surat Keterangan Pendamping Ijazah yang Insya Allah akan mulai diberlakukan untuk alumni tahun 2020-2021 yang akan datang ini.       


Rektor mengharapkan kepada Wisudawan/ti kesiapannya mau tidak mau, suka tidak suka, terus akan menghadapi Revolusi Industri yang ditandai dengan sisrupsi pada banyak hal. Wisuda daring kemarin itu dilakukan dengan konsep multimedia menunjukkan bahwa kita harus menjawab perubahan yang sangat cepat, juga dengan kecepatan mengambil pilihan jawaban dengan kecepatan melakukan inovasi.  


Jika tidak, maka akan tertinggal di belakang perubahan. Peran penting bagi wisudawan/ti adalah teruslah bergerak untuk kemajuan, berubah untuk kebaikan dan melakukan yang terbaik serta  berbuat untuk kemajuan dimanapun wisudawan/ti berada.


Diharapkannya kepada wisudawan/ti terus meningkatkan kapasitas pengetahuan dengan terus belajar studi lanjut, kapasitas skill/keahlian dengan berlatih ditempat kerja atau pengembangan usaha  dan tentu saja memperkuat karakter. 


Sebagai bagian dari pengejawatahan pribadian insaniyah, ciptaan Allah Tuhan Yang Maha Esa, tentu saja semua ikhtiar, usaha dan kerja kerja keseharian ini haruslah ditempatkan dalam rangka penyerahan total kita kepada Allah SWT , pengabdian kepada orang tua dan  memberi kemanfaatan untuk masyarakat, teruslah menjadikan doa sebagai penyertaan kita dalam setiap usaha dan kerja itu.  


Ketua Yayasan Perguruan Tinggi Padang Henry Mappesona, M.Sc  pada wisuda daring itu mengatakan dalam menghadapi masa sulit saat ini, diperlukan inovasi dan kreativitas. Inovasi adalah solusi yang menyelesaikan permasalahan dalam hidup. Mentalitas seperti ini diperlukan untuk merintas pada zaman ini. 


Pemecahan masalah pada problem dalam kehidupan sehari hari merupakan sebuah langkah awal dari sebuah penemuan besar. Kemampuan problem solving atau kognitif dan kemampuan menganalisa yang telah digali semasa pendidikan, sepatutnya dapat menjadi bekal dimasa depan dan wujudkanlah inovasi ini dengan segala kreatifitas dan pengetahuan yang telah di peroleh.   


Kuliah daring di masa Covid-19 ini, tidak bisa tidak, harus dilaksanakan, dengan segala hambatan yang menyertainya Yayasan Perguruan Tinggi Padang, Universitas Ekasakti dan Akademi Akuntansi Indonesia Padang sebagai pengelola mencoba berinovasi dengan memberikan solusi pembelajaran daring berupa aplikasi Kelas Digital dan dapat di download melalui playstore. 


Aplikasi ini diharapkan dapat menjadi alat memudahkan proses administratif dan menejemen pendidikan. Has ini merupakan perwujudan dari komitmen Yayasan dalam pengembangan infrastruktur teknologi digital sebagai persiapan menunju era digital economy. 


Selain itu program aplikasi kelas Digital yang diluncurkan Unes dan AAI Padang tanggal 17 Agustus 2020 merupakan program yang diharapkan dapat mendukung Kebijakan Kampus Merdeka  dan dapat memberikan sumbangsih kepada Indonesia dengan mempersembahkan platform yang kapabel untuk mewadahi proses pendidikan bagi dosen dan mahasiswa di kampus kampus antar Universitas se Indonesia seperti yang diwacanakan dalam kebijakan kampus merdeka.


Kepala LLDIKTI Wilayah X Prof Dr Herry, MBA melalui Zoom mengatakan Unes dan AAI Padang teruslah berbuat untuk bangsa dan negara melalui pengembangan program studi yang diperlukan oleh masyarakat. "Kita berdoa semoga Universitas Ekasakti dan Akademi Akuntansi Indonesia Padang  terus berkembang dan bertumbuh menjadi perguruan tinggi yang memiliki berbagai program studi dan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas dan kompeten  untuk menghadapi masa mendatang," ujarnya.


Diharapkannya para Wisudawan/ti  jangan cepat puas dengan ilmu yang diperoleh di masa perkuliahan, teruslah ke studi lanjut S2 dan ilmu yang diperoleh selama ini dimanfaatkan untuk masyarakat.(rel/roni dz)