15.612 Keluarga Penerima Manfaat Terima Bantuan PKH di Agam, Ini Syaratnya -->

IKLAN ATAS

iklan FEED halaman depan

15.612 Keluarga Penerima Manfaat Terima Bantuan PKH di Agam, Ini Syaratnya

Rabu, 06 Januari 2021

Rahmi Artati Kepala Dinas Sosial Kabupaten Agam


Lubuk Basung, fajarsumbar.com – Sebanyak 15.612 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Kabupaten Agam kembali menerima bantuan Program Keluarga Harapan (PKH). Dibanding data Desember ada  pengurangan sebanyak 368 KPM. 


Kepala Dinas Sosial Kabupaten Agam, Rahmi Artati melalui Kepala Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial, Arfi Yunanda menuturkan jumlah KPM penerima PKH tahun ini mengalami pengurangan.


"Berkurangnya jumlah KPM penerima PKH dipengaruhi oleh graduasi atau penerima yang sudah mandiri, meninggal dunia, pindah daerah, atau habis komponen PKH. Pada tahun lalu, data di Desember 2020 penerima PKH sebanyak 15.612 KPM, Januari ini sebanyak 15.244 KPM, artinya ada mengalami pengurangan,” ujarnya saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (6/1).


KPM penerima PKH graduasi artinya adalah keluarga yang sudah lulus dari program PKH atau sudah dinyatakan mampu dan mandiri, karena usahanya telah berkembang dan sebagainya.


Dana telah mulai dicaikan sejak Senin (4/1/2021). Adapun besaran bantuan PKH yang diterima setiap komponen tahun ini meliputi ibu hamil sebesar Rp3 juta per tahun, anak usia dini Rp3 juta per tahun.


Kemudian anak sekolah setingkat SD Rp900.000 per tahun, SMP Rp1,5 juta per tahun, SMA Rp2 juta per tahun, disabilitas berat Rp2,4 juta per tahun, penderita TBC (Tuberculosis) sebesar Rp3 juta per tahun dan lanjut usia Rp2,4 juta per tahun.


Berdasarkan ketentuan Kemensos RI, bantuan disalurkan dalam empat tahap yakni bulan Januari, April, Juli dan Oktober, uang dikirim langsung ke rekening penerima.


Menurutnya, dengan adanya bantuan PKH diharapkan dapat mengurangi dan memutuskan mata rantai kemiskinan, serta meningkatkan kualitas sumber daya manusia di Agam, terlebih dalam kondisi pandemi Covid-19.


“Untuk itu, pesan kami kepada penerima pergunakanlah bantuan ini dengan sebaik-baiknya, semoga bisa meningkatkan taraf kehidupan,” ujarnya. (Yanto)