Baznas Padang Pariaman Bentuk UPZ di 103 Nagari -->

IKLAN ATAS

iklan FEED halaman depan

Baznas Padang Pariaman Bentuk UPZ di 103 Nagari

Kamis, 14 Januari 2021

Wakil Ketua BAZNAS Padang Pariaman, Fakhri Zaki saat menyerahkan Plang kepada Unit Pengumpul Zakat(UPZ) Nagari Kudu Ganting, Kecamatan V Koto timur. Rabu (13/01/2021).


Padang Pariaman, fajarsumbar- Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Padang Pariaman bentuk Unit Pengumpul Zakat (UPZ) di 103 Nagari dari 17 Kecamatan, Targetkan tahun 2021 selesai dibentuk dan dilantik Agar pengelolaan Zakat dan penyaluran bisa tersampaikan kepada  orang-orang yang wajib menerima zakat (Mustahik). 


Wakil Ketua Baznas Padang Pariaman bidang keuangan, perencanaan kepada fajarsumbar, Rabu (13/01/2021) dikantor Camat V Koto Timur membenarkan program dari Baznas upaya membentuk Unit pengumpul Zakat (UPZ) disetiap Kecamatan agar penyaluran Zakat bisa lebih efektif dan tepat kepada orang-orang yang wajib menerima zakat.


Ia menjelaskan dimana dalam setiap UPZ memiliki anggota delapan orang diantaranya Penasehat, Pembina, Ketua, sekretaris, bendahara dan anggota. Untuk pembentukan pengurus, kita menyerahkan sepenuhnya kepada Unit pengumpul Zakat yang ada setiap nagari sebanyak delapan orang. 


Ketua Muhammadiyah Padang Pariaman ini kembali menegaskan untuk Masa aktif UPZ lima tahun sejak mulai dilantik. Sementara itu, untuk  teknisnya, setiap Unit pengumpul Zakat di Nagari harus memilikinya tiga rekening diantaranya Rekening zakat, rek Amil dan Rek infak sedekah.


Hal ini dilakukan Agar semua penghimpunan zakat dari masyarakat memiliki misi agar lebih tranparan, akuntabel sehingga dapat dipertanggung jawabkan terhadap hasil kerjanya.Tegas Fakhri Zaki 


"Unit Pengumpul Zakat (UPZ ) diharapkan tidak menunggu saja.Tapi, bekerja dan  bergerak dalam menghimpun potensi zakat yang ada di Tengah-tengah masyarakat. Sehingga proses penyalurannya kepada Mustahik Dilingkungan Nagari bis lebih efektif, itu semua tergantung pada kerja maksimal dilapangan" harap Fakhri Zaki 


Kembali menjelaskan satu Nagari saja bisa terhimpun Rp10 juta dikali 103 maka sudah terkumpul uang Rp 130 Juta.Tentu uang sebanyak ini akan disalurkan kepada Mustahik yang ada disetiap Nagari. Mudah-mudahnya program ini akan bisa mensejahterakan masyarakat kita hendaknya. Harap, Fakhri Zaki Wakil BAZNAS Padang Pariaman Ini


Sementara itu Camat V Koto Timur, Anasman saat menghadiri acara pengukuhan Unit pengumpul Zakat(UPZ) program dari BAZNAS Padang Pariaman menyambut baik dan mendukung kegiatan ini. 


"Kami sangat bersyukur dengan adanya UPZ bisa membantu Muzakki dalam hal menyalurkan zakatnya. Sehingga Mustahik (penerima zakat) bisa merasakan manfaat ini dengan terbentuknya unit pengumpul zakat tingkat Nagari tentu lebih mudah menghimpun dan memberikan kepada yang membutuhkan" imbuh Anasman, Camat V Koto Timur. 


Terlihat yang hadir saat Pengukuhan Unit Pengumpul Zakat (UPZ ) di Aula camat V Koto Timur, Camat beserta Sekcam,  Danramil V Koto Kampung Dalam, Kapolsek, KUA, Wali Nagari SE kecamatan V Koto Timur beserta Tokoh masyarakat. (Heri)