Beberapa Jam Tertutup Longsor, Jalan Agam - Bukittinggi Beransur Pulih -->

IKLAN ATAS

iklan FEED halaman depan

Beberapa Jam Tertutup Longsor, Jalan Agam - Bukittinggi Beransur Pulih

Jumat, 08 Januari 2021
Antrean panjang akibat longsor tebing menimbun badan jalan di Agam

Lubuk Basung, fajarsumbar.com - Setelah hampir empat jam tertutup total akibat longsor, jalan propinsi yang menghubungkan Lubuk Basung Ibu kota Kabupaten Agam dengan Bukittinggi kembali bisa dilalui kendaraan roda dua maupun roda empat. Setelah alat berat didatangkan dari Dinas Pekerjaan Umum Daerah ke lokasi itu.


 Alat berat sampai di lokasi longsor menjelang magrib sekitar pukul 18.15 WIB lebih kurang satu setengah jam kemudian jalan bisa dilalui baik kendaraan roda dua maupun roda empat.


Sebelumnya, ruas jalan provinsi jalur Agam - Kota Bukittinggi, tidak bisa dilewati akibat longsor di Ngungun, Jorong Lubuk Sawo, Nagari Persiapan Dalko, Kecamatan Tanjungraya, Kabupaten Agam, Sumatera Barat, Jumat (8/1) sekitar pukul 15.45 WIB.


Syafrizal Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Agam yang berada di lokasi  mengatakan, untuk mengurai kemacetan petugas buka terlebih dahulu satu jalur, agar tumpukan kendaraan tidak terlalu panjang.


Ratusan kendaraan terjebak akibat longsor.

"Jalur dibuka dengan sistem buka tutup, nanti  setelah kendaraan terurai baru dilanjutkan membersikan material longsor yang tersisa," ujarnya.


 Syafrizal juga mengimbau masyarakat agar hati- hati menempuh daerah tersebut, disamping  jalan licin, kondisi juga dalam keadaan hujan," tambahnya.


Sementara itu salah seorang pengguna jalan mengatakan, hampir empat jam tertahan di lokasi tersebut. "Alhamdulillah sekarang jalan sudah bisa dilalui dan bisa cepat sampai di ruma," ucapnya.  (Yanto)