Begini Kronologis Penangkapan 5 Warga Labura Terkait Sabu Seberat 48.58 Gram -->

IKLAN ATAS

iklan FEED halaman depan

Begini Kronologis Penangkapan 5 Warga Labura Terkait Sabu Seberat 48.58 Gram

Minggu, 31 Januari 2021
.


Labuhanbatu, fajarsumbar.com - Dalam rangka Ops Antik Toba 2021, 48.58 gram sabu-sabu lintas provinsi berhasil diamankan Tekab unit Reskrim Polsekta Kota Pinang beserta 5 orang pelakunya di SPBU Jalinsum Kp Bedage, Kelurahan Kota Pinang, Kabupaten Labuhanbatu Selatan pada Jum'at (29/1/2021).


Sebanyak 5 orang pelaku tersebut merupakan warga Labuhanbatu Utara, diantaranya, AR alias Iwan Bemo (29) warga Dusun III Bulu Tolang Desa Aek Tapa  Kecamatan Marbau, HS alias Hendi (30) warga Dusun Berangir Desa Sei Raja Kecamatan NA IX-X, APR alias Tia (31) warga Dusun VII Desa Pulo Jantan Kecamatan NA IX-X, DPB alias Doli warga Gang Nenas Desa Simpang Marbau Kecamatan NA IX-X, serta ST alias Sahat (37) warga Pekan Pajak, Kelurahan Bandar Durian Kecamatan Aek Natas.


Kapolres Labuhanbatu AKBP Deni Kurniawan, SIK MH melalui Kapolsekta Kota Pinang AKP Bambang G Hutabarat, SH MH, Minggu (31/1/2021) menjelaskan, penangkapan ini berawal pada Jumat (29/1/2021) sekira pukul 01.00 Wib, Unit Tekab Reskrim Polsekta Kota Pinang dipimpin oleh PANIT 1 Reskrim IPTU Gunawan Sinurat, SH MH melaksanakan patroli pada jam-jam rawan untuk antisipasi kejahatan jalanan yang terjadi di wilayah Polsekta kotapinang.


Selanjutnya, tim sampai di lokasi SPBU titi kembar Jalinsum Kp Bedage Kota Pinang, di lokasi SPBU itu tim melihat ada seorang laki-laki dewasa sepertinya kebingungan dan menunjukkan gelagat mencurigakan yang patut diduga sebagai pelaku kejahatan karena mondar mandir di seputaran SPBU itu.


Setelah itu, lanjut Kapolsekta, tim menghampiri laki-laki tersebut namun berusaha melarikan diri, tetapi tim berhasil mengamankannya.


Setelah tim melakukan interogasi kepada lelaki tersebut, ia mengaku bahwa ketinggalan bus saat ke toilet berangkat dari Bagan Batu menuju Simpang Merbau Labura, lalu tim menggeledah badan laki itu dan menemukan di saku celananya ada plastik bungkusan hijau. Setelah diambil dan dibuka, ternyata bungkusan yang dibalut plastik warna hijau tersebut berisikan narkotika jenis sabu seberat 48,58 gram.


Kemudian Tim menanyakan identitasnya dan ia menerangkan bernama AR alias Iwan Bemo. Ia juga mengatakan hanya menjemput dari seorang laki-laki yang tidak dikenal di Bagan Batu atas suruhan seseorang yang bernama DPB alias Doli penduduk Kecamatan Marbau.


Selanjutnya tim mengembangkan pelaku yang terlibat dalam peredaran jaringan narkoba ini, dan akhirnya melalui komunikasi via HP,  Iwan Bemo berhubungan dengan Doli dan Doli menyuruh APR alas Tia dan HS alias Hendi untuk menjemputnya di lokasi SPBU.


"Tim berhasil mengamankan kedua orang yang akan menjemput sabu-sabu yang ada di tangan Bemo di SPBU Jalinsum Kampung Bedagai, selanjutnya tim melakukan pengembangan ke Marbau untuk melakukan pengejaran terhadap Doli," sebutnya.


Giat pengembangan ini pun di pimpin langsung oleh Kapolsekta Kotapinang AKP Bambang G Hutabarat, SH MH bersama PANIT 1 Reskrim IPTU Gunawan Sinurat SH MH, dan PANIT 2 Reskrim IPDA Francis Saragih SH MH.


"Kemudian tim berhasil mengungkap jaringan Narkoba ini dan menangkap Doli di Marbau dan ST di Bandar Durian Aek Natas. Dari tangan ST tim berhasil menyita barang bukti berupa 1 timbangan elektrik warna silver, 1 senjata jenis Soft Gun warna hitam, serta 1 buku Expedisi catatan mengenai Narkoba," jelasnya.


Sedangkan barang bukti yang disita dari APR alias Tia yaitu, 1 unit sepeda motor RX KING warna hijau BK 3941 YJ, 1 buah Handphone android merk Xiaomi warna putih- gold, dan 1 handphone merk Nokia warna biru. DPB alias Doli, 1 handphone Nokia warna hitam, 1 unit sepeda motor Honda Supra warna hitam -merah BK 4154 TAT.


Dari tangan AR alias Iwan Bemo, tim berhasil mengamankan barang bukti berupa 1 buah plastik klip transparan berisi Narkotika jenis sabu seberat 48,58 gram (bruto), 1 buah plastik yang bertuliskan Softies, 1 unit Handphone merk Samsung warna putih, dan 1 unit Handphone android merk OPPO warna Gold. (Randi)