Bupati Pd. Pariaman Dorong Pemilik Tanah Urus Sertifikat -->

IKLAN ATAS

iklan FEED halaman depan

Bupati Pd. Pariaman Dorong Pemilik Tanah Urus Sertifikat

Selasa, 05 Januari 2021

Bupati Padang Pariaman Ali Mukhni didampingi Kepala Kantor Pertanahan Gatot Teja menyerahkan 32 sertifikat tanah di Kantor Bupati, Parit Malintang, Selasa (5/1/2021). (ist)


Pd.Pariaman, fajarsumbar.com - Bupati Padang Pariaman Ali Mukhni mendorong masyarakat untuk mengurus sertifikat tanah ke Kantor Pertanahan, karena sertifikat itu kepastian hukum atas tanah hak tanah.


Untuk itu, ia mengajak ninik mamak, perangkat nagari dan tokoh maayarakat untuk mendaftarkan pengajuan sertifikat ke Kantor Pertanahan. 


Hal tersebut disampaikannya usai menghadiri penyerahan sertifikat tanah se-Indonesia yang dihadiri oleh Presiden RI secara virtual. 


"Tadi Bapak Presiden RI menyampaikan bahwa sertifikat tanah ini sebagai wujud kepastian hukum atas tanah kita. Negara mengakui kepemilikan tanah oleh rakyat," kata Ali Mukhni di Kantor Bupati, Parit Malintang, Selasa (5/1/2021).


Ia mengapresiasi Kantor Pertanahan yang telah memberikan sosialisasi kepada unsur masyarakat, unsur nagari dan pemuka adat akan pentingnya sertifikat tanah. 


"Sertifikat tanah juga bisa sebagai jaminan bank untuk pinjam uang atau lembaga keuangan lainnya untuk investasi atau modal usaha," kata bupati dua periode itu. 


Sementara itu, Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Padang Pariaman Gatot Teja mengatakan ada sebanyak 32 sertifikat tanah diserahkan kepada masyarakat. 


"Sesuai saran Pak Bupati tadi kami bersama wali nagari terus lakukan sosialisasi untuk mendorong masyarakat mengurusan sertifikat tanah," katanya. (r-saco)