Diawal Tahun 2021, Polres Tanah Datar Amankan Lima Pelaku Narkotika -->

IKLAN ATAS

iklan FEED halaman depan

Diawal Tahun 2021, Polres Tanah Datar Amankan Lima Pelaku Narkotika

Selasa, 05 Januari 2021

.


Tanah Datar, fajarsumbar.com - Polres Tanah Datar diawal tahun 2021 berhasil mengamankan lima orang terduga pelaku narkotika jenis shabu dan daun ganja kering di tiga tempat kejadian perkara (TKP) dalam wilayah hukum Polres Tanah Datar. 


Hal itu dibenarkan Kapolres Tanah Datar AKBP Rokhmad Hari Purnomo, SIK. M.Si melalui Kasat Narkoba AKP Yaddi Purnama SIK lewat pesan WA kepada fajarsumbar.com, Selasa (5/1/2021). 


TKP pertama Satresnarkoba berhasil mengamankan 2 orang berinisial HP (25) dan TJ (24) yang diduga pelaku penyalahgunaan narkotika golongan I jenis shabu, Jum’at (1/1/2021) sekira pukul 00.05 Wib bertempat di depan Mesjid Al Ikhlas di pinggir jalan raya Ombilin di Jorong Pasir Jaya Nagari III Koto Kecamatan Rambatan Kabupaten Tanah Datar.


Sebelumnya tim sudah mendapatkan informasi bahwasanya terduga pelaku HP menjual narkotika golongan I jenis shabu. Selanjutnya tim melakukan undercover buy dengan menelpon terduga pelaku HP untuk memesan 1 paket narkotika jenis shabu dan disepakati untuk bertransaksi. 


Dan sesampai di lokasi, tim langsung mengamankan kedua terduga pelaku dan melakukan penggeladahan badan serta kendaraan milik terduga pelaku yang di saksikan oleh wali jorong dan warga. Hasilnya tim mendapati 1 paket narkotika jenis shabu yang dibungkus plastik bening di dalam genggaman terduga pelaku TJ.


Untuk TKP kedua tim Satresnarkoba kembali mengamankan satu orang laki-laki berinisial VNW (23) yang diduga pelaku penyalahgunaan narkotika golongan I jenis shabu, Sabtu (2/1/2021) sekira pukul 23.30 Wib bertempat dirumah milik orang tuanya di Jorong Gudam Nagari Pagaruyung Kecamatan Tanjung Emas Kabupaten Tanah Datar.


Tim mendapatkan informasi dari masyarakat bahwasanya terduga pelaku sering menggunakan dan mengedarkan narkotika golongan I jenis shabu di dalam rumah milik orang tuanya.


Selanjutnya tim melakukan penyelidikan dan mendapati terduga pelaku sedang berada di dalam rumah milik orang tuanya. Kemudian tim langsung mengamankan terduga pelaku dan dilakukan penggeledahan badan beserta rumah yang disaksikan oleh wali jorong dan warga.


Hasilnya tim mendapati 10 paket narkotika jenis shabu yang dibungkus dengan pipet dan 2 paket dibungkus dengan plastik bening didalam kotak bening dibawah lemari di lantai dua rumah. Terduga pelaku juga mengakui bahwasanya 12 (dua belas) paket narkotika jenis sabu tersebut adalah miliknya.


Sedangkan TKP tiga Satresnarkoba mengamankan 2 orang berinisial HD (42) dan ND (45) yang diduga pelaku penyalahgunaan narkotika jenis daun ganja kering, Minggu (3/1/2021) sekira pukul 17.00 Wib bertempat dipondok tengah sawah Languang di Jorong Mandahiliang Nagari Pagaruyung Kecamatan Tanjung Emas Kabupaten Tanah Datar.


Tim juga sudah mendapatkan informasi dari masyarakat bahwasanya kedua terduga pelaku  sering menggunakan narkotika jenis daun ganja kering. Dan tim melakukan penyelidikan dan mendapati kedua terduga pelaku sedang berada di sebuah pondok tengah sawah Languang. 


Tim langsung mengamankan kedua terduga pelaku dan dilakukan penggeledahan badan beserta tempat sekitar yang disaksikan oleh ketua FKPM dan warga. Hasilnya tim mendapati 1 paket yang di duga narkotika jenis daun ganja kering yang dibungkus dengan plastik warna hitam yang disimpan ditumpukan jerami dibawah pondok tempat kedua terduga pelaku tersebut duduk. 


Selanjutnya kelima tersangka dan barang bukti di bawa ke Polres Tanah datar guna proses penyidikan lebih lanjut.


Pelaku HD dan ND dijerat dengan pasal 111 ayat 1 Jo pasal 127 ayat 1 UU No. 35 tahun 2009, sedangkan pelaku HP, TJ dan VNW dijerat pasal 114 ayat 1 jo pasal 112 ayat 1 UU no 35 tahun 2009. (fdy)