Ditimbun Longsor, Jalan Provinsi Lubuk Basung - Bukittinggi Putus Total -->

IKLAN ATAS

iklan FEED halaman depan

Ditimbun Longsor, Jalan Provinsi Lubuk Basung - Bukittinggi Putus Total

Jumat, 08 Januari 2021
Sebuah sepeda motor dan kendaraan minibus Avanza terjebak di timbunan longsor.


Lubuk Basung, fajarsumbar.comRuas jalan provinsi jalur Agam menuju  Kota Bukittinggi, tidak bisa dilewati akibat longsor di Ngungun, Jorong Lubuk Sawo, Nagari Persiapan Dalko, Kecamatan Tanjungraya, Kabupaten Agam, Sumatera Barat, Jumat (8/1) sekitar pukul 15.45 WIB.


Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Agam, Muhammad Lutfi Ar di Lubuk Basung, Jumat, mengatakan longsor menutupi ruas jalan provinsi sepanjang 20 meter, ketinggian tumpukkan material dua meter dan lebar delapan meter.


"Akses jalan tertutup total, sehingga terjadi kemacetan sekitar ratusan meter," katanya.


Ia mengatakan, material longsor mengenai satu unit kedai dengan kondisi rusak ringan.


Warga menggiring motor untuk berusaha melewati tumpukan material longsor setinggi 2 meter yang menutup seluruh badan jalan.


Material juga mengenai dua unit motor milik atas nama Muhammad Yani (52). Mobil Avanza milik Muhammad Yani juga terjebak tanah longsor. "Tidak ada korban jiwa akibat kejadian itu," katanya.


Ia menambahkan, BPBD setempat telah menurunkan anggota Satgas untuk membersihkan material tanah longsor dengan anggota Kodim 0304 Agam, Polres Agam, pemerintah kecamatan, pemerintah nagari, masyarakat dan lainnya.


Pembersihan itu membutuhkan alat berat berupa loader dan excavator.


Masyarakat pengguna jalan tertahan akibat tingginya tumpukan matrial longsor.


"Kita telah melakukan koordinasi dengan Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Agam agar mengerahkan alat berat. Saat ini pembersihan tanah longsor dilakukan secara manual," katanya. 


Pihaknya berupaya agar material longsor akibat curah hujan tinggi semenjak pukul 14.00 WIB selesai dalam waktu dekat, agar lalu lintas kembali normal. (Yanto)