Hadiri Musrenbang Kelurahan Balai Panjang. Ini Pesan Sekcam Yunimar -->

IKLAN ATAS

iklan FEED halaman depan

Hadiri Musrenbang Kelurahan Balai Panjang. Ini Pesan Sekcam Yunimar

Kamis, 21 Januari 2021
Musrenbang Kelurahan Balai Panjang 

Payakumbuh, fajarsumbar.com - Camat Payakumbuh Selatan diwakili Sekretaris Kecamatan Payakumbuh Selatan Yunimar, berjanji akan memperjuangkan usulan yang benar - benar kebutuhan masyarakat / skala proritas dalam Musrenbang Tingkat Kelurahan pada Muasrenbang di Tingkat Kecamatan.


Hal itu disampaikan Yunimar dalam acara pembukaan secara resmi Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kelurahan Balai Panjang Kecamatan Payakumbuh Selatan yang dipusatkan di Aula Kantor Lurah, Kamis (21/1/2021) lalu.


Dikatakan Yunimar, Musrenbang Kelurahan adalah forum musyawarah tahunan para pemangku kepentingan (stakeholder) kelurahan untuk menyepakati Rencana Kerja Pembangunan Kelurahan (RKP) tahun anggaran yang direncanakan.


"Musrenbang Kelurahan dilaksanakan setiap bulan Januari dengan mengacu pada Rencana Strategis (Renstra) Kelurahan.  Musrenbang adalah forum perencanaan (program) yang dilaksanakan pemerintah kelurahan bekerjasama dengan warga dan para pemangku kepentingan,"ujar Yunimar.


Ketua Lembaga Pemasyarakatan Masyarakat (LPM) Kelurahan Balai Panjang Doni Saputra, S.Sos dalam kesempatan itu bertindak sebagai moderator mengatakan, sebenarnya agak pedas diucapkan. Namun, inilah kenyataan yang ada. Sebenarnya, sulit menjawab pertanyaan - pertanyaan dari masyarakat. Apa gunanya Musrenbang, sudah bertahun tahun diusulkan, tetapi tak kunjung ada realisasinya.


Dikatakan Doni, usulan yang sangat - sangat prioritas itu adalah permintaan dari warga Kelurahan Balai Panjang pengadaan Drainase dan Trotoar sebelah kiri sepanjang jalan Singa harau dari simpang Kantor Balaikota lama Bukit Sibaluik ke Simpang Tiga Limbukan.


Usulan itu, semenjak empat tahun yang lalu tetap diajukan. Namun, anehnya tiap tahun lain yang diajukan lain pula yang diberikan. Kita bukannya tidak bersyukur, tetapi pihak yang berkompenten harus mengabulkan yang sangat dibutuhkan masyarakat setempat.


"Untuk permohonan pengajuan Drainase dan Trotoar disepanjang jalan Singa Harau itu, sering terjadinya banjir jika hujan datang. Disamping itu, masyarakat merasa kurang nyaman untuk melaksanakan ibadah ke masjid karena tidak adanya trotoar," kata Doni saputra.


Hadir dalam Musrenbang itu, Sekcam Payakumbuh Selatan, Lurah Balai Panjang Wandri, S.sos, Ketua LPM Doni Saputra, S.sos, Bhabinkamtibmas, Babinsa, Tokoh Masyarakat, Ketua RW dan RT se Kelurahan Balai panjang, Ketua Pemuda, Faskel Sisri Novita Sari dan undangan lainnya.


Bertindak sebagai Nara sumber diantaranya adalah Ibrahim, S.sos  Sekretaris Dinas Koperasi dan UKM, Usfa Haryanti. S.Pi Sekretaris Dinas Perkim, Seidayatur Rasyida Kabid Pemasaran Disparpora dan Septian Alrini Kasi Peningkatan Kapasitas KLH.


Dalam kegiatan Musrenbang itu, pihak Kelurahan Balai Panjang menyediakan Masker dan Hand Sanitizer secara gratis. Pembagian Masker dan Hand Sanitizer merupakan mendukung Protokol Kesehatan, kata Lurah Wandri didampingi Seklur Zikriman, SH.(ul)