Heboh, Pengangkatan Staf Jadi Eselon III di Sawahlunto -->

IKLAN ATAS

iklan FEED halaman depan

Heboh, Pengangkatan Staf Jadi Eselon III di Sawahlunto

Sabtu, 09 Januari 2021
ilustrasi (jateng post)

Sawahlunto, fajarsumbar.com - Mutasi dan rotasi yang dilakukan Pemko Sawahlunto pada 24 Januari 2020 tahun lalu menuai kontroversi di tengah-tengah Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Kota Sawahlunto.


Hal ini disebabkan karena diangkatnya Wiza Andrita dari pimpinan Lembaga Penyiaran Publik Lokal (LPPL) Radio Sawahlunto FM yang diduga bukan merupakan Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) menjadi Kepala Bagian Informasi Komunikasi Persandian dan Humas (Kominfoperhumas).


Berdasarkan informasi yang di himpun fajarsumbar.com bahwa di Lembaga Penyiaran Publik Lokal (LPPL) Radio Sawahlunto FM tersebut bukan merupakan UPTD yang biasa dijabat oleh eselon empat. Jadi pegawai yang bekerja di sana adalah staf.


Tentunya hal ini menjadi perbincangan oleh para pegawai negeri sipil yang berada di Kota Sawahlunto. 


Tidak ada persoalan

Kepala Bagian Mutasi Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kota Sawahlunto Rhedo menganggap itu tidak ada persoalan.


Ia menyebutkan, eselon tiga, pada Peraturan Pemerintah (PP) nomor 11 tahun 2017 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil ada persyaratannya yaitu pernah mengisi jabatan eselon empat atau jabatan fungsional tertentu.


"Itulah persyaratannya", ungkap Rhedo saat di konfirmasi, Jumat (8/1/2021) di kantor BKPSDM. Hari Jumat itu Rhedo telah melakukan serah terima jabatan dengan Suhermizon yang menggantikan posisinya. 


Rhedo kini menjabat sebagai Kepala Bagian Organisasi Setdako Kota Sawahlunto sejak di lantik pada Selasa (5/1/2021) lalu.


Lebih lanjut disampaikan Rhedo, sepengetahuannya dari riwayat jabatan Wiza Andrita, ia pernah menduduki jabatan fungsional tertentu sebagai Adikara Siaran. 


Adikara Siaran adalah pegawai negeri sipil di lingkungan Departemen Penerangan yang diberi tugas, tanggung jawab, wewenang dan hak oleh pejabat yang berwenang untuk melaksanakan produksi acara siaran pada media Radio dan Televisi Republik Indonesia.


"Mungkin itu yang tidak diketahui oleh para ASN lainnya", sambung Rhedo didampingi Suhermizon.


Berdasarkan data yang diperoleh dari Rhedo, Wiza Andrita pernah menduduki jabatan fungsional umum di Radio Republik Indonesia (RRI) stasiun RRI regional I Bukittinggi. 


Fungsional tertentu di Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan fungsional umum di Pemerintahan Kota Sawahlunto sebagai Sub Bagian Informasi dan Dokumentasi Radio Sawahlunto FM.


Di kutip dari https://www.jogloabang.com/gaya/pp-11-2017-manajemen-pns?amp, berikut Rangkuman PP 11 Tahun 2017.


Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil adalah aturan pelaksanaan ketentuan Pasal 17, Pasal 18 ayat (4), Pasal 19 ayat (4), Pasal 20 ayat (4), Pasal 57, Pasal 67, Pasal 68 ayat (7), Pasal 74, Pasal 78, Pasal 81, Pasal 85, Pasal 86 ayat (4), Pasal 89, Pasal 91 ayat (6), Pasal 92 ayat (4), dan Pasal 125 Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara. 


Manajemen Pegawai Negeri Sipil adalah pengelolaan pegawai negeri sipil untuk menghasilkan pegawai negeri sipil yang profesional, memiliki nilai dasar, etika profesi, bebas dari intervensi politik, bersih dari praktik korupsi, kolusi, dan nepotisme.


Manajemen PNS dalam PP 11 Tahun 2017 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil diantaranya berisi ketentuan mengenai penyusunan dan penetapan kebutuhan, pengadaan, pangkat dan jabatan, pengembangan karier, pola karier, promosi, mutasi, penilaian kinerja, penggajian dan tunjangan, penghargaan, disiplin, pemberhentian, jaminan pensiun dan jaminan hari tua, serta perlindungan.


Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil ditetapkan pada tanggal 30 Maret 2017 di Jakarta oleh Presiden Joko Widodo. Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil mulai berlaku pada tanggal 7 April 2017 setelah diundangkan oleh Menkumham Yasonna H. Laoly di Jakarta. (ton)