Illegal Loging di Kawasan Hutan Martobak Digrebek Polisi -->

IKLAN ATAS

iklan FEED halaman depan

Illegal Loging di Kawasan Hutan Martobak Digrebek Polisi

Kamis, 28 Januari 2021

Lokasi Illegal Loging di Kawasan Hutan Bukik Martobak, Digrebek Polisi.


Tanah Datar, fajarsumbar.com - Satuan Reserse Kriminal Polres Tanah Datar bersama Polsek Tanjung Emas, mengungkap kasus penebangan pohon dalam kawasan hutan tanpa izin (Illegal Loging), Senin (25/1/2021) sekira pukul 16:00 Wib, di Kawasan Hutan Bukik Martobak, Jorong Galanggang, Nagari Tepi Selo, Kecamatan Lintau Buo Utara, Kabupaten Tanah Datar. 


Hal itu dibenarkan Kapolres Tanah Datar AKBP Rokhmad Hari Purnomo, SIK. M.Si melalui Kasubag Humas Iptu Desfiarta kepada fajarsumbar.com lewat pesan whatsapp, Kamis (28/1/2021). 


Awalnya Polsek Tanjung Emas memperoleh informasi dari masyarakat, bahwa adanya giat penebangan di Kawasan Hutan Bukik Martobak, selanjutnya Polsek berkoordinasi dengan Sat Reskrim Polres Tanah Datar dan Dinas Kehutanan Tanah Datar untuk menindaklanjuti informasi tersebut.


Setelah dilokasi, tim menemukan berbagai jenis kayu olahan yang siap angkut, berdasarkan hasil penyelidikan tim dilapangan, aktivitas penebangan tersebut dilakukan oleh RS (43) dan dibantu oleh 3 orang Operator Sainsaw yang berhasil melarikan diri saat petugas datang ke lokasi.


Dari hasil penangkapan, kayu yang diamankan sebanyak 1,8 kubik, dikarenakan lokasi penemuan kayu berada di wilayah hukum Lintau Buo Utara, maka tim bekerja sama dengan Polsek Lintau Buo Utara untuk mengamankan pelaku RS guna proses hukum selanjutnya.


Pelaku di sangkakan pasal 82 ayat (1) huruf b UU No.18 thn 2013 tentang pencehagan dan pemberantasan perusakan hutan, dengan hukuman pidana paling lama 5 tahun penjara. (fdy)