Inspektorat Menyusun LKPD Tahun 2020, OPD dan Camat Segera Melaporkan Tepat Waktu -->

IKLAN ATAS

iklan FEED halaman depan

Inspektorat Menyusun LKPD Tahun 2020, OPD dan Camat Segera Melaporkan Tepat Waktu

Selasa, 12 Januari 2021

Inspektur Hendra Aswara bersama Kabid Akuntansi M. Nasir dalam percepatan penyusunan LKPD 2020 di Parit Malintang, Selasa (12/01/21).


Pd.Pariaman, fajarsumbar.com - Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman sedang persiapan menyusunan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun 2020. Kesemua Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan Camat kiranya menindaklanjuti surat dari Sekretaris Daerah untuk percepatan Laporan Keuangan tersebut. 


Hal itu dikemukakan Inspektur Hendra Aswara ketika menjawab pertanyaan fajarsumbar.com di Parit Malintang, Selasa (12/01/21), sehubungan menindak lanjuti komitmen penyelesaian Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) tepat waktu serta berkualitas.


Kata dia, dalam penyelesaian tepat waktu dan berkualitas itu, maka dibutuhkan kerjasama semua OPD. Target LKPD tahun ini adalah meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian dari BPK. Artinya, laporan yang disajikan harus benar-benar akuntabel dan transparan sesuai Standar Akuntansi Pemerintahan (SAP).


"Tahun lalu, kita raih opini WTP. Insha Allah, target yang sama kita wujudkan untuk tahun ini" ujar Hendra bersemangat yang didampingi Kabid Akuntasi M.Nasir. 


Untuk mendapatkan prestasi itu, tegas Mantan Kabag Humas, ia menyampaikan strategi penyusunan LKPD tepat waktu. Yakni membuat jadwal penyusunan LKPD, penatausahaan dan pengamanan aset tetap, penatausahaan persediaan, Inventarisasi kas dan persediaan, Perhitungan SILPA dan Rekonsiliasi akun – akun berbasis akrual.


Menurut dia, laporan keuangan akan direviu oleh Inspektorat terlebih dahulu. Untuk itu, kiranya Kepala OPD segera menyerahkan Laporan Keuangan masing-masing paling lambat per 1 Februari 2021 mendatang, ujar Peraih Peringkat 1 Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik Tingkat Sumbar. 


Pada tahun lalu, kita serahkan LKPD kepada BPK Perwakilan Sumbar, tertanggal 12 Maret 2020. Pun kita optimis tahun ini bisa lebih cepat menyerahkannya" harap alumni STPDN itu. (saco).***