Jalan Alternatif Panta - Bukittinggi Ditimbun Longsor Setinggi 1 Meter -->

IKLAN ATAS

iklan FEED halaman depan

Jalan Alternatif Panta - Bukittinggi Ditimbun Longsor Setinggi 1 Meter

Selasa, 12 Januari 2021
Material longsor tutupi badan jalan  jalur alternatif Matur  - Bukittinggi. Akses masyarakat di dua daerah yang melalui jalur tersebut jadi tersendat.


Lubuk Basung, fajarsumbar.com - Tingginya curah hujan yang melanda sebagian wilayah Agam, mengakibatkan jalan penghubung antara Kecamatan Matur dan Kota Bukittinggi tertimbun longsor. Jalan yang lebih dikenal dengan jalan Panta itu ditutupi material longsor sepanjag 3 meter di Jorong Panta Pauah, Kecamatan Matur, Selasa (12/1).


Informasi didapat dari Pusdal Ops BPBD Agam, longsor terhadi sekitar pukul 08.15 WIB, akibat tingginya curah  hujan yang mengguyur wilayah itu dari malam hingga dini hari tadi.


Syafrizal Kabid KL BPBD  Agam mengatakan, sebagian badan jalan tertutup material longsor, lebih kurang sepanjang 3 meter, dengan ketinggian sekitar 1 meter dan lebar 1 meter.


Jalan Panta merupakan jalan alternatif antara Matur dan Bukittinggi, yang melalui NgaraiSianok


Syafrizal juga menambahkan material longsor  berupa tanah dan pohon kayu mengakibatkan ruas jalan kabupaten itu tertutup sehingga menghambat akses masyarakat dari Panta-Ngarai jadi terhambat.

 

Dikatakan, BPBD saat ini sudah berada di lokasi untuk melakukan penanganan, yang juga berkoordinasi dengan stake holder terkait dalam melakukan upaya pembersihan material.


“Pembersihan kita lakukan secara manual dengan memotong pohon kayu yang dibawa tanah longsor itu,” sebut Syafrizal.


Pihak yang terlibat dalam pembersihan ini, katanya, dari unsur BPBD Agam, pemadam kebakaran, TNI, camat, wali nagari serta pemuda dan warga sekitar.(Yanto)