Kelurahan Aek Paing Gelar Musrenbang, Ini Beberapa Usulan Warga -->

IKLAN ATAS

iklan FEED halaman depan

Kelurahan Aek Paing Gelar Musrenbang, Ini Beberapa Usulan Warga

Senin, 11 Januari 2021
Lurah Aek Paing, Faridah Hanum (kedua kanan) serta unsur terkait saat acara Musrenbang  berlangsung.


Labuhanbatu, fajarsumbar.com  - Berbagai usulan mengapung pada Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) di Kelurahan Aek Paing dilaksanakan di Aula Kantor Lurah Aek Paing, Kecamatan Rantau Utara, Senin (11/01/2021).


Dalam kegiatan tersebut, terdapat beberapa usulan yang diajukan dari masyarakat di empat lingkungan Kelurahan Aek Paing. Diantaranya, untuk Lingkungan Aek Paing Atas mengusulkan pembangunan parit dari bukit perjuangan ke simpang tugu, karena pengusulan dari beberapa tahun yang lalu belum terealisasi dan masyarakat berharap agar segera terlaksana.


Sedangkan warga yang berada di Lingkungan Aek Paing Tengah mengusulkan untuk pemasangan tembok tanah wakaf, dengan tinggi 1.5 meter dan panjang 200 meter, karena harus segera dicegah agar tanah perkuburan tidak longsor, kemudian pembangunan rabat beton sepanjang 150 Meter dan Lebar 2 Meter, serta lebih untuk memperhatikan Usaha Menengah Kecil Mikro (UMKM),


Selanjutnya untuk lingkungan Aek Paing Bawah 1 diusulkan pembangunan parit sepanjang 350 Meter untuk menghindari banjir yang selalu menghampiri ketika musim hujan tiba,


Dari lingkungan Aek Paing Bawah 2 diprioritaskan untuk pembangunan 1 pintu air lagi guna mengantisipasi banjir yang dikarenakan hanya memiliki 1 pintu air, kemudian pembangunan rabat beton sepanjang 1 Km di jalan pertanian, karena jalan tersebut merupakan jalan penting perekonomian masyarakat aek paing membawa hasil panen.


Serta Kader Posyandu mengusulkan untuk pembangunan tempat seperti Poskesdes, Bed Pasien lengkap dengan tirai penutup, timbangan, meja dan kursi sebanyak dua set terdiri dari 10 Meja dan 10 Kursi.


Pembangunan Bak Sampah juga diusulkan agar masyarakat memiliki tempat pembuangan sampah yang selama ini tidak pernah ada di empat lingkungan yang ada di kelurahan aek paing.


Menanggapi usulan itu semua, Lurah Aek Paing Parida Hanum, Spd MM mengatakan akan terlebih dulu memprioritaskan untuk pembangunan di lingkungan Aek Paing bawah 2, dan tetap menerima usulan dari beberapa lingkungan di kelurahan aek paing.


"Pembangunan pintu air akan menjadi prioritas utama, sebab dua minggu yang lalu banjir melanda lingkungan tersebut yang membuat paras air setinggi lutut orang dewasa dan memasuki rumah masyarakat, kita meninjau langsung lokasi tersebut, dan jalan sepanjang 1KM juga akan menjadi prioritas utama, di karenakan jalan itu merupakan jalan inti untuk petani mengeluarkan hasil panen dan sering dilanda banjir,"ucapnya.


Parida Hanum mengatakan akan terus berbenah dan menerima semua usulan dari beberapa lingkungan yang ada. "Saya terima semua usulan dari masyarakat terkait pembangunan di lingkungan masing-masing yang ada di kelurahan aek paing, semoga dapat direalisasikan tahun ini,"katanya.


Sementara itu, Kepala Badan Pembangunan dan Perencanaan (Bappeda) Kabupaten Labuhanbatu Hobol Rangkuti melalui Kasubdit data dan informasi Dona Angelica meminta untuk melengkapi dokumentasinya agar disampaikan kepada Dinas terkait.


"Kita terima usulan dari masyarakat terkait pembangunan di lingkungan aek paing, dan saya minta untuk melengkapi dokumentasinya agar kita sampaikan seluruh usulan tersebut, karena usulan kita sekarang melalui aplikasi, kemudian untuk melampirkan titik koordinat juga,"pintanya.


Camat Rantau Utara H.Turing Ritonga,ST.MM melalui Kasi Tata Pemerintahan Rais Hasibuan mengucapkan terimakasih atas antusias masyarakat dalam pelaksanaan Musrenbang di Kelurahan Aek Paing.


"Saya mewakili Bapak Camat Rantau Utara memohon maaf atas ketidakhadiran beliau dikarenakan ada tugas di luar, dan saya mengucapkan terimakasih kepada masyarakat yang telah hadir, Musrenbamg bukan sekedar pembangunan saja, melainkan pemberdayaan seperti kelompok tani, dan bibit ikan atau ternak lembu,"ucapnya. (Randi)