Musrenbang Nagari 2021 Diundur Juli dan Agustus, Ini Alasannya -->

IKLAN ATAS

iklan FEED halaman depan

Musrenbang Nagari 2021 Diundur Juli dan Agustus, Ini Alasannya

Senin, 11 Januari 2021
Rapat Persiapan Musrenbang Nagari tahun 2021, di aula kantor Bupati, Senin (11/1/2021)


Tanah Datar, fajarsumbar.com - Rencana Kerja Pemerintah (RKP) Nagari lahir dari rangkaian proses perencanaan partisipatif, di mana para pemangku kepentingan di Nagari bermusyawarah untuk menyepakati rencana pembangunan yang disebut Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Nagari. 


Permendagri Nomor 114 Tahun 2014 dan Perbup Tanah Datar Nomor 23 Tahun 2019 tentang Juknis Penyusunan RPJM dan RKP. RKP disusun untuk pelaksanaan Musrenbang Nagari yang akan dilaksanakan bulan Juli sampai Agustus 2021 ini. RKP Nagari memuat kegiatan tahun 2022 sementara daftar usulan rencana kerja pemerintah (DU RKP) Nagari memuat N+2 (2023) ” kata Bupati yang disampaikan Asisten Pemerintahan dan Kesra Suhermen pada acara Rapat Persiapan Musrenbang Nagari Tahun 2021, Senin (11/1/2021) di aula Kantor Bupati di Pagaruyung.


Maka persiapan dan pelaksanaan Musrenbang Nagari tahun 2021. “Sesuai dengan tujuan Musrenbang yakni menyepakati dan menetapkan program prioritas Nagari, baik yang dibiayai APB Nagari atau APBD Kabupaten, APBD Provinsi dan bantuan Pemerintah Pusat melalui APBN, maka tentu diharapkan Camat dan Wali Nagari serta Bapak/ibu yang hadir dalam rapat ini untuk mengikuti kegiatan dengan serius dan sebaik-baiknya,” ujarn Suherman. 


Di samping itu, Suhermen juga berharap kepada Camat dan Wali Nagari untuk memahami perubahan jadwal penyusunan perencanaan di tingkat Nagari. “Camat, Wali Nagari diminta untuk mensosialisasikan kepada seluruh perangkat nagari dan kepala Jorong serta BPRN, KAN, LPM, PKK dan unsur lainnya tentang perubahan jadwal ini, sehingga ke depannya Musrenbang berjalan dengan baik dan sukses sesuai kebutuhan di Nagari,” tukasnya.


Sementara itu sebelumnya, Kadis PMDPPKB Nofenril menyampaikan, rapat persiapan Musrenbang Tahun 2021 sengaja menghadirkan Camat dan Wali Nagari se Tanah Datar. “Dalam kegiatan hari ini, disamping mendengar arahan Bupati tentang Musrebang, juga nantinya akan ada paparan dari tenaga ahli yang kami hadirkan, sehingga diharapkan dapat menambah pemahaman kita semua, sehingga diharapkan Musrenbang akan berjalan baik,” kata Nofenril.

 

“Program prioritas diarahkan kepada kegiatan pemulihan ekonomi nasional sesuai kewenangan Nagari, seperti pengembangan BUMNag, pengembangan ekonomi produktif, pengembangan desa wisata, ketahanan pangan, pencegahan stunting sampai adaptasi kebiasaan baru nagari terhadap pandemi Covid-19,” tambah Kadis PMDPPKB


Nofenril  juga menambahkan, Tanah Datar juga akan melaksanakan Pilwanag Serentak tahun 2021 ini di 21 Nagari dari 11 Kecamatan, dan dimana hari H pemilihan direncanakan sebelum Idul Fitri 1442 H, makanya dalam forum ini diimbau kita semua mendukung dan menyukseskan pelaksanaan Pilwanag Serentak ini. (fdy)