Para Offroader TDI Sumbar dan Komunitas Offroad Kota Padang Adakan Bakti Sosial di Garabak Data -->

IKLAN ATAS

iklan FEED halaman depan

Para Offroader TDI Sumbar dan Komunitas Offroad Kota Padang Adakan Bakti Sosial di Garabak Data

Jumat, 22 Januari 2021

.


Padang, fajarsumbar.com - Para Offroader Taft Diesel Indonesia (TDI) Sumatera Barat, bersama Offroader komunitas Offroad Kota Padang, akan melaksanakan kegiatan Bhakti Sosial di Nagari Garabak Data Kabupaten Solok,  22 -  23 Januari 2021. 

 

Kegiatan yang digelar TDI Chapter Sumbar awal  2021 ini, merupakan yang ketiga kali di Nagari Garabak Data.


Pertama digelar Tahun 2014, dalam bentuk survey untuk pengadaan turbin listrik yg di support oleh Jurusan Teknik Mesin Universitas Andalas Padang, sebut Ketua TDI Sumbar Henru Jhon didampingi Wakil Ketua TDI Sumbar Edwar David, kepada fajarsumbar.com, disela keberangkatan Bhakti Sosial Offroader TDI Sumbar dari Jalan Baypas Aia Pacah Kota  Padang, Jumat, 22 Januari 2021.


Alhamdulillah, sampai saat ini ujar Henru Jhon, telah terealisasi yang kedua kalinya juga di Nagari Garabak Data, yakni tanggal 21 November 2016 lalu dan dijadikan sebagai promosi daerah wisata yang diliput oleh stasiun Tv Nasional, sedangkan yang ketiga kalinya digelar tahun 2021 ini, dalam bentuk kegiatan Bhakti Sosial. 


Melalui kegiatan ini peserta Bhakti Sosial diharapkan bisa meningkatkan hubungan silaturahmi yang kuat antara Offroader TDI dan offroader Kota Padang dengan masyarakat Nagari Garabak Data yang telah terjalin cukup lama.


Semoga bantuan yang kita berikan bermanfaat, dan kedepan Nagari Garabak Data akan lebih mendapat perhatian pula dari pemerintah, terutama masalah jalan penghubung, sehingga daerah ini nantinya dapat menuju kearah yang lebih sejahtara dengan segenap potensi daerahnya, ujar Henru. 


Nagari Garabak Data berada di Kecamatan Tigo Lurah, Kabupaten Solok, Sumatera Barat, dengan jarak sekitar 110 km dari Kota Padang dan waktu tempuh sekitar 3,5 jam perjalanan. "


Kami pilih Nagari ini karena akses menuju nagari Garabak Data lumayan sulit untuk ditempuh dengan kendaraan biasa, bahkan tidak bisa digunakan dalam kondisi hujan dan jalan berlumpur.


Maka disinilah dibutuhkan kendaraan dengan penggerak 4 roda katanya.


Kami berharap dengan kegiatan ini akan menggugah perhatian pemerintah terkait untuk meneruskan pekerjaan jalan menuju daerah ini," 


Dalam misi Bhakti Sosial itu, komunitas TDI Sumbar menurunkan sedikitnya 20 unit kendaraan dan ditambah dengan komunitas offroad Kota Padang, dengan membawa langsung bantuan untuak masyarakat Nagari Garabak Data Kabupaten Solok.


Anggota TDI Sumbar yang aktif saat ini sekitar 43 orang dan tersebar pada Chapter- chapter TDI di Kabupaten dan Kota di Sumatera Barat, sebutnya lagi.


Dalam misi Bhakti Sosial 2021 ini,  komunitas TDI Sumbar menurunkan sedikitnya 20 unit kendaraan dan ditambah komunitas offroud Kota Padang, sekaligus membawa dan menyalurkan bantuan untuk masyarakat Nagari Garabak Data Kabupaten Solok.


Justru perjalanan menuju lokasi inilah yang disukai offroader sebut Henru, selain mengadakan aksi sosial, hobi Adventure pun tersalurkan. "Sekaligus di lokasi itu kami juga camping ground," terang nya.


Kegiatan ini didukung oleh Dewan Pembina Indonesia Offroad Federation (IOF) Pusat, Letjen TNI AM Putranto. Putranto juga menitipkan sumbangan yang akan diserahkan," sebut Nasir Ruslie, Ketua IOF Pengda Sumbar yang biasa disapa Om Goance.


Tentunya IOF Pengda Sumbar ikut partisipasi. Pasalnya TDI Chapter Sumbar merupakan members IOF Sumbar. "Kita senang dan bangga dengan inisiatif club yang bersedia mengadakan kegiatan Bakti Sosial ke daerah," puas Om Goance.


TDI Sumbar sudah eksis sejak tahun 2009 lalu. Anggotanya memakai kendaraan Daihatsu Taft bermesin diesel. "


Henru juga menyebutkan, misi Bakti sosial kali ini lebih fokus terhadap fasilitas dan sarana yang dibutuhkan oleh Masjid dan Mushala, berupa pengeras suara seperti Corong dan Toa, berikut Warles untuk kegiatan pengajian bagi anak- anak, jemaah yang mengikuti wirid pengajian, Alquran dan lainya.


Wakil Ketua TDI Sumbar Edwar David mengatakan, kegiatan TDI  awal tahun 2021 merupakan kepedulian terhadap Nagari yang sangat membutuhkan uluran tangan dari berbagai donatur dan pihak lain nya.


Kedepan TDI Sumbar terus menggelar kegiatan Bhakti Sosial, namun tidak hanya memberikan bantuan kerumah ibadah saja, tetapi juga menyalurkan bantuan bagi korban bencana yang terjadi di daerah Sumatetra Barat.


Bagi donatur, lembaga lain atau warga yang peduli terhadap kebutuhan sosial masyarakat serta bencana, menurut Edwar, Insyaallah TDI Sumbar siap mendistribusikan bantuan itu kepada masyarakat diberbagai daerah di Sumatera Barat yang tidak terjangkau dengan kendaraan lainya.


Anggota TDI Sumbar yang aktif saat ini sekitar 43 orang dan tersebar pada Chapter- chapter TDI di Kabupaten dan Kota di Sumatera Barat. (Rony Dz)