Pawang Tangkap Buaya Muara Sepanjang 3 Meter di Sungai Batang Pasaman -->

IKLAN ATAS

iklan FEED halaman depan

Pawang Tangkap Buaya Muara Sepanjang 3 Meter di Sungai Batang Pasaman

Jumat, 29 Januari 2021

.


Pasbar, fajarharapan.id - Seekor buaya muara dengan panjang 3 meter ditangkap pawang di  Jorong Rantau Panjang, Nagari Sasak, Kecamatan Sasak Ranah Pasisie, Kabupaten Pasaman Barat.


Buaya yang ditangkap oleh Perial itu di aliran Sungai Batang Pasaman. Buaya tersebut diduga menerkam seorang warga setempat beberapa waktu lalu.


Buaya itu kerap muncul ke permukaan hingga membuat warga khawatir. 


Buaya itu muncul ke permukaan Sungai Batang Pasaman. Proses  penangkapan dilakukan sekitar pukul 22.00 WIB, Kamis (28/1/2021) malam dengan cara  menjinakkan oleh pawang tersebut.


"Warga memancing agar  buaya tersebut keluar dari permukaan  Sungai Batang Pasaman dengan dibantu oleh pawang buaya. Setelah ke luar, buaya tersebut kemudian dijerat warga," sebut kepala Jorong Rantau Panjang M Nur kepada fajarharapan.id di Sasak, Jumat (29/1/2021).


Menurutnya, penangkapan buaya itu atas inisitiaf dari warga setempat dan telah diketahui oleh pihak pemerintah setempat. Penangkapan buaya ini juga didasari karena kerap menyerang warga yang sedang beraktivitas di aliran sungai.


"Buaya ini sudah sering menyerang warga yang sedang mencari lokan di aliran Sungai Batang Pasaman, sehingga  sudah ada  korban yang diterkam oleh buaya tersebut adalah Ediwarman (33).


"Memang, bukan buaya ini saja yang mendiami aliran sungai, namun buaya ini yang sering terlihat menampakan diri. Kini kondisi buaya sudah dalam keadaan mati," sambungnya.


Ia juga mengatakan bangkai buaya itu rencana nya akan dibawa oleh pihak Babinsa, sedangkan saat ini masyarakat bertambah banyak datang ke lokasi untuk sekedar melihat fisik buaya.


"Warga ramai berdatangan dari perkampungan lain, mereka hanya sekedar untuk melihat fisik buaya muara yang sudah di tangkap pawang," terangnya.


Ketika di konfirmasi Camat Sasak Ranah Pasisie. M Bona. melalui telephon selulernya mengatakan, ia berharap masyarakat  membuat plang merek pengumuman dekat pinggiran kawasan sungai Batang Pasaman, agar warga yang tidak lagi mencari lokan dan memancing ikan di lokasi itu.


Sementara itu Pj Wali Nagari Sasak Efrizal saat ditemui di ruangan kerjanya mengatakan, ia selaku pemerintah nagari akan mengirimkan surat kepada KSDA bagaimana solusinya. 


"Masyarakat kita ini ada sebagian kecil ekonominya pencari lokan di aliran Sungai Batang Pasaman dan aliran Sungai Batang Kapa," ujarnya. (By roni)