Peringatan Hari Jadi Kab. Solok Selatan ke-17 Dilaksanakan Sederhana, Namun Penuh Hikmah -->

IKLAN ATAS

iklan FEED halaman depan

Peringatan Hari Jadi Kab. Solok Selatan ke-17 Dilaksanakan Sederhana, Namun Penuh Hikmah

Jumat, 08 Januari 2021
Pemotongan kue Ulang Tahun ke-17 oleh ketua DPRD Solok Selatan.

Solsel, fajarsumbar.com - Pemerintah Kabupaten Solok Selatan menggelar upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten ke-17 yang berlangsung di halaman kantor bupati setempat, Kamis 7 Januari 2020. Bertindak selaku Inspektur Upacara (Irup) Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah Dr. H. Fidel Efendi yang membacakan sambutan Plt. Bupati Solok Selatan Abdul Rahman.


Dalam sambutannya, Sekdakab mengatakan bahwa dalam kurun waktu tertentu, Solok Selatan terus memperlihatkan berbagai prestasi dan kemajuan dari berbagai aspek, termasuk peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM).


"Kita patut bersyukur, perkembangan IPM selama kurun waktu 2019-2020 menunjukkan trend peningkatan dari tahun ke tahun, yaitu dari 68,94 pada tahun 2019 meningkat menjadi 69,04 pada 2020," terangnya.


 Sidang Paripurna Gubernur Sumbar Irwan Prayitno saat memberikan sambutan.


IPM sendiri diambil dari 3 indikator, yakni angka harapan hidup, rata-rata lama sekolah, dan harapan lama sekolah.


Selanjutnya Fidel menyampaikan bahwa untuk tingkat kemiskinan Penduduk Solok Selatan juga terus mengalami penurunan, dimana tahun 2019 tercatat sebanyak 7,33 %, dan saat ini turun menjadi 7,15%.


Disamping itu, dalam rangka percepatan penanganan Covid-9, Pemkab Solsel juga telah mengalokasikan anggaran sebesar Rp. 66,2 Miliar, dimana sebanyak Rp. 30,8 Miliar diantaranya dipergunakan telah disalurkan untuk Bantuan Langsung Tunai (BLT), penanganan kesehatan, ekonomi, dan penanganan lainnya.


Anggota DPRD Solsel saat memeriahkan hari jadi Solsel ke 17 dihadirinjuga oleh Bupati dan Wakil Bupati terpilih Khairunas- Yulian Epi.


Selanjutnya untuk peningkatan sarana dan prasarana kesehatan Tahun 2020, melalui Dana Alokasi Khusus (DAK), Pemkab Solsel juga membangun Rumah Sakit Pratama di Lubuk Malako dengan anggaran mencapai Rp. 25 Miliar, serta pengadaan alat-alat kesehatan senilai Rp. 16,3 Miliar.

Berbagai penghargaan juga diperoleh selama tahun 2020, diantaranya perolehan predikat Wajar Tanpa Pengecualian dari BPK RI selama 4 tahun berturut-turut, pencapaian Laporan Penyelenggaraan Pemda (LPPD) untuk pertama kalinya dengan predikat "sangat tinggi" dari Kemendagri, Pengelolaan dana desa terbaik di Sumbar, serta berbagai penghargaan lainnya.


Di akhir sambutannya, Fidel yang membacakan sambutan Plt. Bupati tersebut mengajak semua komponen untuk terus bersatu padu dalam membangun Solok Selatan serta memberikan penghargaan setinggi-tingginya atas kesuksesan pilkada serentak di Solok Selatan.


Seusai upacara, tamu undangan menuju Kantor DPRD Solok Selatan guna mengikuti paripurna DPRD dalam rangka memperingati HUT Kabupaten yang juga dihadiri Gubernur Sumbar Irwan Prayitno.


Upacara HUT Solsel ke 17 diikuiti seluruh pegawai dengan protokol kesehatan covid-19


Sidang paripurna itu langsung dibuka oleh ketua DPRD Solok Selatan, Zigo Rolanda, didampingi wakil ketua Ali Sabri Abas, Armen Syahjohan, Pjs Sekda Fidel Effendi, Sekrestaris Dewan Mardiana dan disaksikan langsung oleh Gubernur Sumbar Irwan Prayitno.


Hadir dalam upacara tersebut, Kapolres Solok Selatan AKBP. Tedy Purnanto, S.Ik, Kajari M. Bardan, Dandim 0309 Solok yang diwakili Kasdim Mayor Inf Hendra Bagus Arioko, Para Asisten dan Kepala OPD, Kepala Instansi Vertikal, Baznas, sejumlah wali nagari, dan pejabat eselon III dan IV.


Yang istimewanya acara ini turut dihadiri oleh mantan Reserse Polres Solok Selatan Fadli Sudria, SE, M.Hum kini menjabat sebagai  Pimpinan Komisi III DPRD Provinsi Jambi.


Ketua DPRD Solsel, Zigo Rolanda, mengatakan, selaku mitra kerja pemerintah, pihaknya mengapreasiasi kinerja pemerintah daerah yang telah bekerja keras sehingga mampu memperoleh berbagai penghargaan  selama tahun 2020. 

 

Kabupaten Solsel termasuk salah satu daerah yang berhasil dalam penanganan wabah covid 19, dibuktikan dengan memperoleh dana insentif daerah tambahan tahap du sebesar Rp14.065.553.000. 


Dia mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada Gubernur Sumbar, yang telah mempercayai Kabupaten Solsel sebagai daerah percontohan dalam pembentukan nagari tageh untuk penanganan covid-19. 


Serta penerapan Peraturan Daerah (Perda) Provinsi Sumatera Barat tentang Adaptasi Kebiasaan Baru nomor 6 tahun 2020. 


"Maka pandemi covid-19 tidak boleh menjadi penghalang aparatur sipil negara (ASN) untuk bekerja secara profesional dan lebih produktif memberikan layanan kepada masyarakat dan tetap perhatikan protokol Covid-19," ujarnya. 


Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno, mengucapkan rasa syukur karena Kabupaten Solsel selama 17 tahun sudah banyak kemajuan, dari daerah tertingal sekarang tidak lagi. Termasuk raihan prestasi yang sudah diperolehnya. 


Dengan banyaknya potensi yang ada di daerah, Irwan menyebutkan, perlu dengan memobilisasi semua kekuatan dalam mendorong potensi itu menjadi Pendapatan Asli Daerah (PAD). 


Penyerahan hadiah lomba, kabid Kominfo juara tenis meja hadiah diserahkan oleh Sekda Fidel Effendi


Seperti potensi wisata dan potensi alam luar biasa dampaknya bagi peningkatan perekonomian, ini menjadi tugas Bupati dan Wakil Bupati terpilih mengkonsepnya. 


Semua harus ditata rapi, pemerintahannya, Sumber Daya Manusianya, Sumber Daya Alam (SDA) untuk digarap jadi PAD. 


Bila dilakukan dengan matang, maka Solsel akan menjadi primadona wisata alam di Sumbar. Ekonomi rakyat terbantu dan Pemerintah lebih terbantu lagi. (Abg)