Pilwanag Serentak 21 Nagari di Tanah Datar Menunggu Kesiapan APB Nagari -->

IKLAN ATAS

iklan FEED halaman depan

Pilwanag Serentak 21 Nagari di Tanah Datar Menunggu Kesiapan APB Nagari

Rabu, 06 Januari 2021

Kadis PMDKB Tanah Datar Nofendril


Tanah Datar, fajarsumbar.com - Rencana pesta demokrasi tingkat Nagari yang disebut Pilwanag Serentak direncanakan sebelum Pilkada Serentak kemarin karena adanya pandemi Covid-19 diundur dan dijadwalkan bulan April 2021.


Hal itu disampaikan Kadis Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Keluarga Berencana (PMDKB) Tanah Datar Nofendril ketika di temui di ruang kerjanya oleh fajarsumbar.com, Rabu (6/1/2021). 


“Kami telah menjadwalkan kembali jadwal pelaksanaan Pilwanag Serentak di 21 Nagari dan rencananya akan kita laksanakan pada tanggal 7 April 2021,” ungkap Nofendril. 


Salah satu agenda dalam pilwanag serentak ini, dimana akan diadakan tahapan seleksi untuk Nagari yang calon wali nagari lebih dari lima orang. Karena calon setiap Nagari paling banyak lima orang. 


Kadis juga mengatakan bahwa untuk tahapan seleksi calon Wali Nagari, kita akan kerjasama dengan tim penguji independen untuk menyeleksi calon Wali Nagari tersebut. 


Nofendril menjelaskan, keterlambatan Pilwanag Serentak di Tanah Datar ini, dikarenakan masih banyaknya Nagari yang belum menyelesaikan Anggaran Perencanaan Belanja (APB) Nagari. 


“Untuk persiapan dana Pilwanag ini, Nagari bisa menganggarkan dari APB Nagari, dengan dana yang signifikan,” ujarnya. 


Dinas PMDKB akan mendesak pihak  Nagari untuk menyelesaikan APB secepatnya, agar proses Pilwanag Serentak bisa segera terlaksana. 


Terkait kesiapan panitia Pilwanag serentak ini, kita masih menunggu intruksi Bupati dan kami sudah berkoordinasi dengan pemerintahan daerah dan DPRD Tanah Datar, agar Pilwanag ini bisa dilaksanakan. (fdy)