Plt. Bupati Tanah Datar Jadi Irup Peringatan Hari Amal Bakti Kemenag ke 75 -->

IKLAN ATAS

iklan FEED halaman depan

Plt. Bupati Tanah Datar Jadi Irup Peringatan Hari Amal Bakti Kemenag ke 75

Rabu, 06 Januari 2021

Plt Bupati Tanah Datar H. Zuldafri Darma menjadi Inspektur Upacara HAB ke 75, Selasa 5/1/21.


Tanah Datar, fajarsumbar.com - Dalam rangka memperingati Hari Amal Bakti (HAB) ke 75, Kemenag Tanah Datar melaksanakan upacara HAB dengan Inspektur Upacara (Irup) Plt Bupati Tanah Datar H. Zuldafri Darma, SH di lapangan sekolah MAN 2 Lima Kaum Kecamatan Lima Kaum Kabupaten Tanah Datar, Selasa (5/1/2021). 


Plt. Bupati Tanah Datar membacakan sambutan Menteri Agama RI dalam amanatnya sebagai Irup HAB Kemenag. 


Di usia yang ke 75 tahun Kementerian Agama, perlu memaknai segala prestasi yang telah dicapai dan menempatkannya sebagai momentum untuk menebalkan niat dan motivasi dalam mencapai yang lebih baik lagi di masa mendatang serta  Kementerian Agama memberikan anugerah penghargaan dan apresiasi kepada seluruh elemen umat beragama tanpa membedakan satu sama lain atas dukungan, sinergi dan kebersamaannya mengawal tugas-tugas Kementerian Agama.


Disebutkan lagi, peringatan HAB ke-75 Kemenag Tahun 2021 mengusung tema Indonesia Rukun. “Tema ini sejalan dengan semangat nasional yang menempatkan kerukunan umat beragama sebagai salah satu modal bangsa untuk maju. Tanpa kerukunan, akan sukar menggapai cita-cita besar bangsa untuk sejajar dengan bangsa lain,” katanya.


Ditambahkan, di negara yang berdasarkan Pancasila ini, tidak ada diktator mayoritas atau tirani minoritas. Dalam kaitan itu, semua umat beragama dituntut untuk saling menghormati hak dan kewajiban masing-masing, di mana hak seseorang dibatasi oleh hak-hak lain.


“Pancasila adalah ideologi pemersatu yang merangkum nilai-nilai keindonesiaan sebagai bangsa yang beragama. Sila pertama dan utama Pancasila, yaitu Ketuhanan Yang Maha Esa, meneguhkan identitas nasional sebagai bangsa yang beragama dan bermoral,” sampai Menag yang dibacakan Bupati.


Sementara itu selepas upacara, Bupati H. Zuldafri Darma atas nama Pemerintah Daerah menyampaikan ucapan selamat memperingati HAB bagi jajaran Kementerian Agama. “Pemerintah Daerah bersama Forkopimda menyampaikan ucapan selamat atas peringatan HAB Kemenag ini, semoga momentum ini menjadikan sarana evaluasi untuk menjadi lebih baik ke depan, terkhususnya di tahun 2021 ini,” ujarnya.


Dalam peringatan HAB Kemenag turut dihadiri Forkominda, Rektor IAIN Batusangkar DR Marjoni Imamora, jajaran Kemenag Tanah Datar dan beberapa undangan lainnya. (fdy)