Ratusan Kendaraan Terjebak Akibat Longsor di Agam -->

IKLAN ATAS

iklan FEED halaman depan

Ratusan Kendaraan Terjebak Akibat Longsor di Agam

Jumat, 08 Januari 2021
Antrean kendaraan mengular menunggu dibersihkanya matrial longsor dari badan jalan.


Lubuk Basung, fajarsumbar.com - Ratusan kendaraan terjebak dari kedua arah akibat tebing longsor di Jorong Ngongun, Nagari Persiapan Dalko, Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam, Sumatera Barat, Jumat (8/1/2021).


Longsor tersebut dipicu akibat curah hujan yang tinggi sepanjang Jumat mengakibatkan tebing longsor di Jorong Ngungun. Ratusan kendaraan kedua arah terjebak. Macet total beberapa kilometer tidak dapat dihindari.


Kapolres Agam AKBP Dwi Nur Setiawan melalui Kasat Intelkam Polres Agam AKP Dwi Tri Haryanto di Lubuk Basung, Jumat, mengatakan ratusan kendaraan terjebak macet dari arah Bukittinggi menuju Lubuk Basung dan sebaliknya.




"Jalan tidak bisa dilalui karena longsor menutupi ruas jalan sekitar 20 meter, ketinggian tumpukkan material dua meter dan lebar delapan meter," katanya.


Untuk sementara, kendaraan dari Lubuk Basung menuju Bukittinggi dialihkan ke Kabupaten Padang Pariaman. Sedangkan kendaraan dari Bukittinggi menuju Lubuk Basung dialihkan ke Palembayan.


"Kita telah mengerahkan anggota di Simpang Matur dan Simpang Pasar Lama Lubuk Basung," katanya.


Saat ini, tambahnya, kendaraan masih menumpuk karena alat berat masih membersihkan material 


Sebelumnya, tim gabungan telah mencoba untuk membersihkan material tanah longsor secara manual. Namun dengan kondisi tanah masih labil, maka pembersihan dihentikan.


Salah seorang pengendara, Harianto (38) mengatakan pihaknya sudah dua jam terjebak macet. "Kendaraan tidak bisa melalui, karena tumpukan material masih ada," katanya.


Alat berat jenis lauder sudah sampai di lokasi untuk membersihkan material berupaya untuk memulihkan jalur transportasi tersebut. (Yanto)